Header Ads

Thaharah Unveiled: Wanita, Kebersihan, dan Islam



Bedah Buku : "Darah Kebiasaan Wanita"

Jakarta Timur – Rabu, 15 Mei 2024, di Aula Sakinah Komplek Muslimat Center, Cipayung, dipenuhi oleh antusiasme para peserta yang hadir untuk mengikuti acara bedah buku "Darah Kebiasaan Wanita". Acara ini diselenggarakan mulai pukul 13.00 WIB hingga 17.40 WIB yang dijeda dengan waktu shalat ashar dan istirahat sejenak. Buku yang ditulis oleh ustadzah Ainul Millah, LC. MHI., seorang dosen di berbagai kampus ternama dan penulis produktif, berhasil menarik perhatian banyak mahasiswi kader da'iyah.

Dalam sesi ini, Beliau menjelaskan secara rinci isi bukunya, yang membahas berbagai kebiasaan wanita ketika haid dari mulai pengertian, siklus, kewajiban serta larangan ketika haid hingga cara bersuci dari haid dalam perspektif Islam. Setiap poinnya dibahas secara rinci dengan menampilkan perbedaan pendapat para ulama atau pun mazhab. Sehingga, beliau tidak menuntut peserta mengikuti ijtihad salah satu ulama yg beliau ikuti saja.

"Banyak dari kita belajar thaharah itu cuma sekilas yang bahkan dari segi parentingnya sangatlah kurang," ungkapnya. Pernyataan ini membuka diskusi mendalam tentang pentingnya memahami syariat Islam dalam aspek kehidupan sehari-hari, terutama yang berkaitan dengan thaharah. Contoh nyata dalam penanaman syariat Islam pada anak ketika hendak memotong kuku. Kalimat yang biasa diucapkan, "Ayo potong kuku nanti ada cacingnya, banyak kumannya." Seharusnya, "Ayo potong kuku biar dapat syafa'at Rasul, masuk surga" karena memotong kuku merupakan bagian dari syariat", jelasnya. Dengan demikian, penting untuk menanamkan syariat Islam dalam segala aspek kehidupan sejak dini.

Acara yang berjalan lancar ini ditutup dengan doa dan pemberian cendera mata pada pemateri. Setelah mengikuti acara ini, peserta merasa mendapatkan banyak wawasan yg baru. Diharapkan ilmu yang sudah dipelajari bisa tersebar lebih luas dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, membawa berkah, dan manfaat bagi seluruh umat. (Sarah Salsabila/Marwah)

Tidak ada komentar