Header Ads

Mengasah Kecerdasan Qur'ani dengan MHFQ


Bidang Tahfizh Kampus Putri & Dema Akhwat adakan MHFQ online dan offline

Usai menjalani masa libur panjang Ramadhan dan Idul fitri 1445 H, Bidang Tahfizh Kampus Putri bekerjasama Dema Akhwat STID Mohammad Natsir menggelar Musabaqoh Hifzhil wa Fahmil Qur’an (MHFQ) yang dibuka untuk peserta SMA dan juga mahasiswa. 

Acara yang berlangsung pada Ahad (12/05/2024) tersebut dilaksanakan secara tatap muka di Kampus Putri STID Mohammad Natsir, Cipayung, Jakarta Timur yang dikhususkan untuk peserta dari kalangan pesantren yang dikenai aturan no gadget dan juga secara daring bagi peserta luar pulau atau bebas akses elektronik.


Dari 40-an peserta yang telah mendaftarkan diri, tersisa hanya 28 orang yang berani maju dan menuntaskan perlombaan dengan kemampuan hafalan yang dimiliki. Berdasarkan laporan yang diterima panitia, sebagian peserta yang mundur sebelum perlombaan dimulai, dilatar belakangi beberapa faktor seperti; Waktu yang bentrok dengan jadwal kembali ke Pesantren atau kegiatan lain, kurang percaya diri, merasa kurang persiapan, nervous berlebihan serta alasan lainnya.

Perlombaan berlangsung dalam 3 babak dengan rangkain kegiatan yang berbeda. Di tahap pertama, seluruh peserta diminta menjawab pertanyaan dalam bentuk google form atau ppt (peserta offline) dengan konsekuensi nilai di bawah angka 50 yang akan dieliminasi. Pada tahap kedua, peserta menjawab pertanyaan lisan dari juri dengan konsekuensi 2 pertanyaan yang tidak terjawab akan dieliminasi. Dan tahap akhir merupakan final, di mana peserta yang masuk babak final diminta memilih maksimal 3 angka yang tertera di layar untuk memilih pertanyaan yang akan dijawab.

Alhamdulillah, dari 6 peserta yang berhasil masuk di babak final, kemudian berhasil lolos sebagai pemenang utama yakni 2 mahasiswi dari STID Mohammad Natsir semester VIII dan II juga 1 peserta dari UIN Jakarta semester V. Ditambah satu pemenang harapan dari SMAIT Alfatih (Tahfizh Putri)

Tidak ada komentar