Header Ads

Hadapi Tantangan Da'wah Digital HIMA Adakan Pelantikan dan Pelatihan Broadcasting

MARWAH.ID - Rabu, (13/12) Himpunan Mahasiswa (HIMA) Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Putri Sekolah tinggi Ilmu Da'wah (STID) Mohammad Natsir periode 2023/2024 mengadakan acara Pelantikan dan Pelatihan Broadcasting. 

Bang Iman, seorang praktisi perfilman dan broadcasting menjadi pembicara pada pelatihan yang dikhususkan untuk Mahasiswi KPI hari itu. Kegiatan dilaksanakan di Aula Sakinah Kompleks Muslimat Center, Cipayung, Jakarta Timur. Sedang acara pelantikan berlangsung lebih awal sebelum sesi pelatihan dibuka. Dua sesi acara hari itu memakan waktu selama kurang lebih 4 jam, dimulai pukul 13.00 WIB dan berakhir pukul 17.00 WIB.

"Tantangan dakwah ke depan adalah tantangan digital," begitu kata Ustadz Lukman Ma'sa M.Pd.I dalam sambutan beliau selaku Kaprodi KPI STID Mohammad Natsir. "Inilah latar belakang terbentuknya HIMA KPI Putri STID Mohammad Natsir," lanjut beliau. Dengan adanya HIMA diharapkan dapat membantu sekaligus membentuk mahasiswi memiliki profil lulusan KPI.  

Beliau menyampaikan Data jumlah pengguna internet di tahun 2023 adalah 215 juta. Hal itu merupakan ladang dakwah bagi mahasiswa KPI. Sedangkan jumlah konten negatif yang sudah ditangani Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) adalah sekitar 3.7 juta di mana sebanyak 1 jutanya merupakan konten porno. HIMA hadir dengan tugas berat, di antaranya untuk mengatasi kebutuhan minat mahasiswi dalam menyalurkan bakat broadcasting, publik speaking dan lainnya agar kemudian dapat terjun dan berdakwah di media sosial dengan bakat masing-masing yang dimiliki.

Acara dilanjutkan dengran pelantikan. Periode ini merupakan tahun pertama terbentuknya HIMA KPI Putri. Dalam hal ini surat keputusan dibacakan oleh Mufida Zulfa, salah satu mahasiswi KPI semester III yang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ikrar yang dipandu oleh ustadz Lukman Ma'sa, M.Pd.I. Berikutnya kata sambutan yang disampaikan langsung ketua HIMA KPI Putri periode 2023/2024, Ida Nuraini. 

Dalam sambutannya, mahasiswi semester V tersebut menyampaikan bahwa HIMA KPI Putri ini akan menjadi wadah untuk mengembangkan skill yang digeluti mahasiswi prodi KPI. Ia pun mengajak seluruh peserta yang hadir siang itu untuk bergerak bersama dalam meningkatkan skill yang dimiliki.

Berikutnya dilanjutkan dengan Pelatihan Broadcasting yang dibersamai oleh pemateri yang akrab dipanggil dengan sebutan Bang Iman. Ia mengawali karir di dunia broadcasting dari tahun 1992. Juga bersama Tim Dakho TV STID Mohammad Natsir.

Penyampaian diawali dengan penampilan vidio yang merupakan karya pemateri. Pembahasan broadcasting dimulai dari pembuatan film atau iklan yang harus ada storyboard. Storyboard merupakan hal yang penting dalam pembuatan film maupun iklan. Yang kita butuhkan untuk pembuatan film ataupun iklan adalah properti, dsb. Beliau juga memperkenalkan basic pencahayaan yang ada tiga yaitu key light, back light, dan fiil light. Tidak ketinggalan praktek juga menjadi bagian penting dari pelatihan kali ini.

Pemateri membawakan pelatihan dengan energik sehingga Mahasiswi mengikuti secara antusias dan seksama. Pelatihan ditutup dengan berlatih langsung bagaimana cara memproduksi iklan di Taman Kasia bersama Bang Iman dan Tim Dakho TV.

Jeda 2 hari sebelum adanya pelantikan HIMA KPI, terlebih dahulu Ikatan Mahasiswa (IKMA) Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Putri Sekolah tinggi Ilmu Da'wah (STID) Mohammad Natsir menyelenggarakan acara pelantikan periode 2023/2024. Acara IKMA PMI ini juga dipandu dan dibersamai langsung oleh Ketua Program Studi (Prodi) PMI yang juga merupakan Mudir Pesantren Mahasiswi (PESMI), Ustadz Salman Alfarisi, M.Kom.I. Acara yang berlangsung di Aula Sakinah Kampus Putri ini pun digelar tepatnya pukul 20.00-21.00 WIB. 


(Sekar & Poppy/Marwah)

Tidak ada komentar