Header Ads

Ciptakan Generasi Berkualitas, Bijak Gunakan Gadget

 


MARWAH.ID – Prof. DR. Dr. Ridha Dharmajaya., SP. BS (K) seorang Inisiator Gerakan Gadget Sehat Indonesia, bulan November ini melakukan Roadshow ke 15 kota di Indonesia, salah satunya berada di Jakarta. Sekolah Tinggi Ilmu Da’wah (STID) Mohammad Natsir putra/i menjadi salah satu lokasi yang ditarget. Acara ini berlangsung di STID Kampus Putri pada Senin, 6/11/23 di Aula Sakinah Komplek Muslimat Center, Cipayung, Jakarta Timur. 


Seminar dibuka pukul 10.00 WIB dengan sambutan oleh Mudir Pesantren Mahasiswi. “Gadget merupakan sarana, ladang untuk melakukan berbagai hal. Begitu juga gadget memiliki 2 pengaruh bagi Kesehatan, yaitu jasmani dan rohani. Adanya seminar ini diharapkan menjadi bekal bagi para mahasiswi untuk dapat memanfaatkan gadgetnya dengan baik.” Ucap Ustadz Salman Al Farisi.

Tak berselang lama, acara inti dimulai. Seminar dan Diskusi Gerakan Gadget Sehat Indonesia disambut antusias oleh seluruh peserta. Tidak kurang dari 150 Mahasiswi dari semester 5 dan 7 memenuhi ruangan dengan nuansa hijau, warna almamater kampus. “Jangan sampai kita meninggalkan keturunan yang lemah.” Itulah poin pembuka Prof. Ridha.


Gerakan yang dirintis Prof. Ridha ini sebenarnya berawal dari gerakan-gerakan masjid Nurul Iman di Medan. Gerakan ini dilatar belakangi salah satunya karena overtime pengguna gadget saat ini, sehingga muncul pemikiran bagaimana seseorang itu dapat mengurangi screentime (seberapa lama waktu yang dihabiskan untuk menggunakan handphone). Bahkan banyak anak muda di usia produktifnya yang menghabiskan waktu lebih dari 4 jam dalam sehari hanya dengan menatap layar hp. Hal inilah yang kemudian menyebabkan berbagai keluhan tubuh di usia muda, seperti sakit pada saraf leher disebabkan menunduk lebih dari 30⁰ yang kemudian mempengaruhi otot-otot dalam tubuh.

Selain inisiator Gerakan Gadget Sehat beliau juga merupakan Dokter Bedah Saraf Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H. Adam Malik Medan. Beliau mengatakan, “Pemuda harus berkualitas. Pintar itu bukan pilihan, itu wajib. Berakhlak itu bukan pilihan, itu wajib. Hidup sehat itu bukan pilihan, itu wajib.” Sebagai generasi milenial tentu harus pintar dalam mengelola gadget. Dalam waktu 5-10 tahun ke depan kita akan bersaing bukan hanya dengan lingkup lokal namun global. Bersaing dengan mesin AI juga pertambahan orang luar negeri yang masuk ke Indonesia.

Terdapat 3 hal yang dapat dilakukan guna menerapkan penggunaan gadget secara sehat; Pertama, Gunakan gadget seperlunya, jangan sampai kita dikendalikan namun kitalah yang harus mengendalikan. Kedua, jika harus menggunakan gadget dalam jangka waktu lama, maka pindahkan file ke laptop. Ketiga, istirahat setiap 1 jam dan lakukan peregangan.


Diskusi berjalan bersamaan dengan penyampaian materi. Di akhir pemaparannya, Prof. Ridha yang juga merupakan pengurus Dewan Da’wah Medan menaruh harapan besar pada seluruh Mahasiswi, “Adik-adik telah menyandang besar nama Mohammad Natsir, beliau bukan hanya tokoh lokal tapi internasional. Ambil semangatnya. Percaya atau tidak kalian adalah orang penting untuk masa depan. Selamat melanjutkan pendidikan dan tantangan baru. Jangan takut! Fokus untuk menjadi generasi muslim terbaik,” Itulah kalimat penutup dari Prof. Ridha


Seminar berakhir pada pukul 12.00 WIB dengan suasana seru dan menarik. Kemudian ditutup dengan foto bersama.


(Ulfatur Rohmah/Marwah)

Tidak ada komentar