Header Ads

Pelatihan Menulis Artikel dan Buku

MARWAH.ID - Kamis, 21 September 2023 Himpunan Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (HIMAKPI) Sekolah Tinggi Ilmu Da'wah (STID) Mohammad Natsir mengadakan pelatihan kelas jurnalis. Dengan judul "Menulis Artikel dan Buku", bersama penulis 10 buku inspiratif yakni M. Anwar Djaelani. 

Kegiatan berlangsung dengan tiga sesi dimulai dari pukul 10.15-22.00 WIB. Sebanyak 61 peserta putri semester VII STID Mohammad Natsir mengikuti acara tersebut. Rangkaian tiga sesi diantaranya, sesi pertama yakni pelatihan kepenulisan bersama pemateri. Dosen ADI Jatim tersebut mengawali materi dengan memaparkan bahwa menulis berita itu mudah asalkan sudah memenuhi 5W+1H itu cukup. Sedangkan menulis feature sama dengan berita, tetapi lebih panjang dan boleh bersastra-sastra. Selanjutnya beliau menjelaskan cara menulis opini dimulai menjelaskan apa itu opini. "Opini adalah pandangan kita terhadap suatu masalah" Jelasnya. 

Sesi kedua yakni praktek menulis opini yang dilakukan di perpustakaan kampus Putra STID Mohammad Natsir. Pada sesi ini mahasiswi melakukan praktek menulis mandiri yang sesekali di pantau oleh pemateri. 

Adapun sesi terakhir adalah bedah hasil tulisan terpilih. Ada 7 tulisan terpilih yang kemudian di bedah dalam sesi ini. Semua tulisan terpilih di koreksi dan langsung di perbaiki oleh pemateri. 

Acara berlangsung dengan kondusif dan diikuti dengan antusias semangat para mahasiswi. Penghujung acara ditutup dengan sesi tanya-jawab dan foto bersama.


(Sekar/Marwah)

Tidak ada komentar