Header Ads

Nobar G30S/PKI, Kenang Sejarah Bangsa

 


MARWAH.ID - Dewan Eksekutif Mahasiswi (DEMA) Akhwat Sekolah Tinggi Ilmu Da'wah (STID) Mohammad Natsir menggelar Nonton Bareng (Nobar) Film Dokumenter Penghianatan G30S/PKI bersama seluruh Mahasiswi STID Mohammad Natsir.

Nobar merupakan salah satu program kerja yang diselenggarakan oleh Divisi Intelegensia DEMA Akhwat STID Mohammad Natsir. Acara ini diadakan bertepatan dengan peristiwa bersejarah yang terjadi pada 30 September - 1 Oktober 1965 yang dikenal dengan Gerakan September Tiga Puluh (Gestapu) atau Gerakan Satu Oktober (Gestok). Acara Nobar  dimulai pukul 20.00 - selesai.

Nobar kali ini diikuti oleh seluruh mahasiswi dari 6 asrama, dengan pusat lokasi berada di Aula Sakinah Muslimat Center, Cipayung, Jakarta Timur. Adapun titik lainnya berlokasi di asrama 70, 20, PWI, 12a dan 12b.  Sebelum Nobar dimulai, beberapa mahasiswi ditunjuk untuk menceritakan momen berkesan selama berada di asrama sambil menunggu acara inti dimulai. Hal ini dilakukan sebagai bentuk ice breaking untuk menghindari kebosanan.

Selanjutnya acara dimulai dengan pengenalan beberapa tokoh yang terlibat dalam peristiwa gestapu. Di antara tujuan dari nobar ini adalah untuk mengulas kembali sejarah, kronologi dan daftar kekejaman PKI di Indonesia.

Walhasil, Alhamdulillah agenda ini mendapat antusias baik dari para mahasiswi. Mengingat kesibukan perkuliahan yang sangat padat di setiap harinya, menjadikan nobar ini sebagai bentuk refreshing dari kesibukan sehari-hari. 

Di sesi akhir acara, dipilih salah satu mahasiswi untuk menyampaikan tanggapan dan komentar dari film yang telah ditonton bersama. 


(Aisyah Humairah/ MARWAH)

Tidak ada komentar