Header Ads

Pembukaan Ujian Akhir Semester Genap tahun 2022/2023

 

MARWAH.ID - Bidang Kemahasiswaan kampus putri STID Mohammad Natsir mengadakan pembukaan Ujian Akhir Semester Genap tahun 2022/2023 yang diikuti oleh seluruh Mahasiswi semester 2-6. Acara yang dimulai pada pukul 07.00 pagi ini dilaksanakan di Aula Sakinah Komplek Muslimat Center, Cipayung Jakarta Timur pada 7/8/23.

Pembicara pada kesempatan kali ini Ustadz Salman Al-Farisi, M.Kom.I selaku Mudir pesantren mahasiswi. Dalam pembukaannya beliau mengatakan bahwa ujian adalah dinamika pendidikan dan dinamika perjuangan. Semakin tinggi pohon semakin tinggi terjangan angin dan semakin tinggi derajat seseorang maka ujiannya pun semakin berat.

Apa yang sedang kita lakukan saat ini menjadi proses untuk menjadi mahasiswa yang berkualitas. Karena dari awal masuk lalu mengikuti berbagai proses pembelajaran kemudian diakhiri ujian, tentu akan menaikkan tingkat semester.

"Ketika ujian akhir semester berlangsung semua hal yang tadinya tidak bisa menjadi bisa yang tidak hafal menjadi hafal. Namun itulah ketika ada paksaan maka menjadi bisa." Ujar ustadz Salman

Selanjutnya beliau juga mengatakan bahwa poin dari tradisi belajar untuk menghadapi UAS ini apabila diterapkan setiap hari maka ketika keluar 4 tahun dari stid sudah bisa menjadi ulama. Namun kembali lagi yang menjadi masalah adalah keikhlasan niat, mengenai nilai itu tidak penting. Jika kita sudah serius maka nilai akan ikut.

Beliau juga mengutip satu perkataan dari Ibnu Mubarok; "betapa banyak amalan yang kecil menjadi besar karena niatnya dan betapa banyak amalan yang besar jadi kecil karena niatnya." Maka sangat disayangkan jika kita mengikuti UAS ini hanya karena nilai.

Seperti tahun-tahun sebelumnya setelah selesai ujian akhir semester maka akan ada ujian komprehensif. Ujian ini akan diikuti oleh Mahasiswi Pesmi semester 2&4 sebagai salaah satu penentu lulus semester. Dalam hal ini ustadz Salman menekankan, agar seluruh mahasiswa memberikan jawaban dengan jujur. Beliau mengatakan "Adanya ujian komprehensif bukan untuk mencari kesalahan namun untuk mencari perbaikan."


Pada kalimat penutup beliau menyampaikan doa dalam 5 poin penting,

1. Semoga sehat

2. Semoga menjadi anak-anak yang jujur, karena jujur ini menjadi bekal yang luar biasa.

3. Semoga Allah memberikan kemudahan

4. Semoga menjadi amal untuk antum semua

5. Jangan lupa minta doa kepada orang tua dan kemudian juga mendoakannya. in syaa allah akan diberi kemudahan.


(Ulfaturrohmah/Marwah)

Tidak ada komentar