Header Ads

Pentingnya Bahasa Arab bagi Seorang Da'iyyah

MARWAH.ID - Bidang Bahasa Sekolah Tinggi Ilmu Da'wah Muhammad Natsir mengadakan daurah bahasa dengan tema "Pentingnya Bahasa Arab bagi Seorang Da'iyyah" pada Sabtu 8 Juli 2023. Acara ini dibuka untuk umum dan dikhususkan bagi Pesmi (pesantren mahasiswi) STID Muhammad Natsir yaitu semester 2 dan 4. Kegiatan ini berlangsung pada pukul 16.30-17.30 WIB di Aula Sakinah Muslimat Center Cipayung Jakarta Timur.

Adapun pemateri pada daurah ini adalah Ustadzah Iryani Rasyidin alumni Jami'ah Quwait pada tahun 1978 dan pemateri kedua yaitu Ustadzah Madyan Mukhlis. Daurah yang di moderatori oleh ustadzah Asma Muzayyin ini berlangsung dengan khidmat.

Dalam penyampaiannya Ustadzah Iryani mengatakan bahwa seorang da'i wajib memahami Al-Qur'an, karena di dalamnya terdapat ayat tentang dakwah, hukum-hukum, juga cerita atau kisah umat terdahulu. Da'i wajib mempunyai ilmu yang luas, ilmu dan Al-Qur'an karim. Jika ingin memahami ilmu Al-Qur'an maka harus memahami bahasanya, dengan itulah Bahasa Arab penting bagi seorang da'i.

Adapun cara untuk belajar bahasa Arab:

1. Mendengarkan

2. Dimulai dengan bertanya di setiap harinya

3. Banyak berbicara bahasa Arab

Hingga menjelang adzan maghrib mahasiswi masih antusias dalam mengikuti dauroh tersebut. Ustadzah Madyan juga menambahkan, bahwa Bahasa Arab jangan hanya dipelajari saja namun harus dipraktekkan sehari-hari. Jika hanya dipelajari maka ilmu tersebut hanya sekedar informasi tanpa ada manfaatnya.

Semudah apapun kalimatnya jika tidak diucapkan maka tidak akan bisa mengucapkan bahasa Arab itu harus percaya diri. Jangan takut, jangan malu dan harus puas dengan apa yang dimiliki

Acara daurah ini berjalan dengan lancar dan diakhiri dengan beberapa motivasi yang membangun semangat mahasiswi.


(Fatimatuzzahra/MARWAH)

Tidak ada komentar