Header Ads

Pembekalan dan Tasyakuran Wisuda Pesmi 2020


MARWAH.ID_ Sabtu (11/03/2023) STID Mohammad Natsir adakan Pembekalan sekaligus Tasyakuran Pesantren Mahasiswi di Auditorium Sakinah Muslimat Center yang bertempat di Kampus Putri Cipayung.


Pada acara pembekalan sekaligus tasyakuran Pesmi ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an yang dibacakan oleh Raihan Rizka mahasiswi asal Bandung Semester II Prodi Pengembngan Masyarakat Islam.



Kegiatan ini di hadiri oleh direktur pesantren mahasiswi yakni Ustadz Salman Alfarisi M.Kom.i. Dalam sambutannya beliau mengatakan "Pada agenda pembekalan kali ini, mungkin sedikit berbeda dengan agenda pembekalan sebelum-sebelumnya, dikarenakan diselenggarakannya acara tasyakuran pesantren mahasiswi. Sebagaimana kita ketahui bahwa program pesmi ini berlangsung selama 2 tahun, mahasiswi tinggal di lingkungan asrama dan diwajibkan memenuhi beberapa target yang telah ditetapkan. Bagi mahasiswi pesantren, ini merupakan perjungan yang luar biasa. Hingga mahasiswi dapat melewati masa tersebut. Maka adanya tasyakuran pesmi perdana ini, sebagai bentuk apresiasi kami kepada mahasiswi yang telah tuntas menyelesaikan kewajiban-kewajibannya. Adapun acara tasyakuran ini diadakan bukan berarti mahasiswi lepas begitu saja dari kegiatan pesantren, akan tetapi kualitas ilmunya sudah satu tingkat diatas mahasiswi semester 1-4. Maka pada semester 5-8 lah waktunya untuk berbagi tugas. Aturan demi aturan semua itu bermuara pada pembinaan" pungkas Ustadz Salman dengan nada bicara yang khas.


Selanjutnya yaitu proses wisuda/tasyakuran mahasiswi yang telah selesai menuntaskan target-target nya. Dalam kesempatan kali ini seluruh mahasiswi semester 6 angkatan Janissary yang berjumlah 63 mahasiswi prodi KPI dan PMI. Tercantum 3 orang mahasiswi yang meraih nilai terbaik yaitu Ukhti Zahrotunnisa Prodi PMI asal Solo, Ukhti Zahrotun Nisa Prodi KPI asal Lampung dan Ukhti Khoirina Prodi KPI asal Madura.



Turut hadir juga memberikan tausiyah pembekalan yaitu wakil ketua III kemahasiswaan yakni Ustadz Aan Abdurrahman M.Ag. Dalam tausiyahnya beliau menyampaikan "Bahwasannya ada perubahan dalam penamaan pesantren mahasiswi yang bermula Ma'had Mohammad Natsir Al' Aly Al Jami'ah menjadi Jami'ah Mohammad Natsir Lil'uluumi Adda'wah Al Islamiyah. Dengan harapan sebagai do'a agar kampus STID ini segera menjadi Universitas. Karena istilah universitas ini berasal dari kata Jami'ah bahasa arab yang bermakna supaya manusia-manusia didalamnya memiliki ilmu-ilmu yang komprehensif, bukan hanya soal akademik namun dari segala aspek.



Dalam kesempatan yang sama Ustadz Aan Abdurrahman M.Ag memberikan nasihatnya kepada mahasiswi supaya memiliki karakter bidadari, sebagaimana yang termaktub dalam Al-Qur'an "Khoirotul Hisan" perempuan yang memancarkan kecantikan dari dalam dan luar. Jadilah manusia-manusia yang pandai bersyukur atas nikmat yang Allah anugrahkan kepada kita. Bersyukur dapat tinggal dilingkungan pesmi, rawatlah dan jagalah nikmat itu agar Allah tambah kenikmatan, dan jauhilah maksiat karena sesungguhnya itu dapat mengurangi nikmat yang ada. Terkait liburan yang sebentar lagi dirasakan mahasiswi kader daiyah maka sejatinya liburan adalah berpindahnya amalan satu menuju amalan berikutnya. Terlebih liburan kali ini bertepatan dengan bulan ramadhan. Maka perbanyaklah ibadah-ibadah yang dapat meningkatkan taqwa kita kepada Allah Subhanahuwata'ala." nasihat ustadz Aan kepada mahasiswi dengan nada yang begitu lembut.


Uswahelamir/MARWAH

Tidak ada komentar