Header Ads

Seminar Kepemimpinan dengan tema “Membentuk Sikap dan Etika Kepemimpinan Mahasiswa yang Responsif dan Kompeten”

 


MARWAH.ID - Dewan Eksekutif Mahasiswa Akhwat Departemen PSDM mengadakan kegiatan seminar kepemimpinan pada Senin, (11/02/2023) dengan tema, “Membentuk Sikap dan Etika Kepemimpinan Mahasiswa yang Responsif dan Kompeten” bersama Ustadz Maulana Yusuf, S.Kom.I, M.Si sebagai pemateri dan Firda Amalia Sholihat sebagai moderator pada kegiatan seminar ini.


Kegiatan ini dilaksanakan secara offline di Aula Sakinah Pusdiklat Muslimat Center Cipayung, dengan turut mengundang seluruh anggota komunitas STID Mohammad Natsir akhwat.


Pada kegiatan seminar ini, Hizma Khoirunnisa selaku presiden mahasiswi menyampaikan bahwa pemimpin sejati adalah yang dapat memotivasi anggotanya sehingga dapat melaksanakan tugas organisasi dengan sukarela tanpa paksaan. Beliau juga mengucapkan banyak terimakasih kepada pemateri dan seluruh peserta seminar, juga meminta maaf apabila dalam pelaksanaan kegiatan terdapat banyak kekurangan.



Dalam penyampaiannya, Ustadz Maulana Yusuf, S.Kom.I, M.Si memaparkan bahwa DEMA merupakan pusat peradaban mahasiswa. Dalam hal ini terdapat tiga wadah yang seharusnya dimiliki oleh Dema yaitu, wadah intelektual, leadership dan kreativitas serta networking. Sebagai mahasiswa hendaknya jangan menutup diri, terus mengasah kemampuan dengan aktif ketika telah bergabung dengan organisasi.


Lebih lanjut, Ustadz Maulana Yusuf, M. Si mengatakan bahwa disebutkan dalam qaul ulama, “kebaikan yang tidak terorganisir maka akan dikalahkan oleh keburukan yang terorganisir”. Ketika masuk dalam organisasi niatkan untuk menegakkan syariat islam. Untuk mewujudkan Dema yang produktif tentunya harus memiliki visi misi yang jelas, membaca kebutuhan dan perubahan zaman, kemudian lakukan analisis SWOT baik pada kepribadian atau organisasi.


Kegiatan seminar diikuti secara antusias oleh para peserta, dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan dalam sesi tanya jawab. Kemudian kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan cinderamata kepada pemateri. 


(Sarah/MARWAH)

Tidak ada komentar