Header Ads

Seminar Remaja Dengan Tema "Halalkan atau Ikhlaskan"


Semester 7 prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) mengadakan kegiatan seminar remaja pada Senin, (26/12/2022) dengan tema, “Halalkan atau Ikhlaskan” bersama Ustadz Maulana Yusuf, M.Si sebagai pemateri dan Nida Taqiyya sebagai moderator pada kegiatan seminar ini.

Seminar ini diadakan untuk memenuhi tugas akhir dalam mata kuliah Public Speaking yang diampu oleh ibu Muzayyanah, MM, M.Pd.

Kegiatan ini dilaksanakan secara offline di Lt. 7 Perpustakaan Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia, Keramat Raya-Jakarta Pusat, dengan 43 peserta yang terdiri dari 16 orang ikhwan dan 27 orang akhwat. 

Pada kegiatan seminar ini, Putri Sholehah selaku ketua pelaksana menyampaikan banyak terimakasih kepada pemateri dan seluruh peserta seminar, juga meminta maaf apabila dalam pelaksanaan kegiatan terdapat banyak kekurangan.

Selanjutnya MC mengabarkan bahwa Ibu Muzayyanah selaku keynote speaker tidak dapat menghadiri acara seminar karena ada satu dan lain hal yang tak dapat beliau tinggalkan, lalu menyampaikan salam beliau kepada pemateri dan seluruh peserta seminar.

Dalam penyampaiannya, Ustadz Maulana Yusuf, M. Si mengatakan bahwa cinta merupakan perkara yang rumit. Sebagaimana yang dikatakan oleh Imam Ibnul Qayyim Al-Jauziyah tentang membiarkan agar cinta mengekpresikan dirinya sendiri. Ustadz Maulana Yusuf, M. Si mengatakan bahwa cinta merupakan fitrah dan ujian, sebagaimana firman Allah ﷻ dalam QS. Ar-Rum: 21 bahwa cinta adalah fitrah, dan QS. At-Taubah: 24 yang menjelaskan bahwa cinta juga merupakan musibah.

Lebih lanjut, Ustadz Maulana Yusuf, M. Si mengatakan bahwa dalam membangun cinta, perlu didasari oleh 3 hal; proses yang sesuai dengan syariat, kesiapan dalam ilmu, mental dan finansial, terakhir memperbaiki diri. Sebelum mengakhiri pematerian beliau menerangkan tentang proses cinta yang sesuai dengan syariat; mulai dari ta’aruf, nadzor, khitbah, akad, penyesuaian, dan fase pembelajaran.

Kegiatan seminar ramaja diikuti secara antusias oleh para peserta, terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan dalam sesi tanya jawab. Kemudian kegiatan ini diakhiri dengan sesi foto bersama pemateri. 

(Mega Octavia/MARWAH)


#jurnalis #jurnalistik #kpi #komunukasi #komunikasi

1 komentar: