Header Ads

"Optimalisasi Peran Mahasiswi dalam Menanggapi Isu Keperempuanan"


Departemen Kementerian Luar Negeri dan Dalam Negeri DEMA STID MOHAMMAD NATSIR, mengadakan kegiatan CAS (Cakap Santai) yang diikuti oleh seluruh Mahasiswi STID MOHAMMAD NATSIR semester 5-7 melalui media _Zoom Meeting_. Pada hari Jum'at, 30 Desember 2022 pukul 19.30 WIB - Selesai. Kegiatan ini mendatangkan narasumber dari Koordinator Forum Perempuan BEM seluruh Indonesia, Mela Oktavia dan Koordinator Isu Kejahatan Seksual, Fitria.

Kegiatan ini dibuka oleh MC, dilanjutkan dengan tilawah oleh Mahasiswi STID MOHAMMAD NATSIR semester 5 asal Madura, Khalifah Jannah.

Sebelum ke acara inti, diawali dengan sambutan yang disampaikan oleh wakil Presiden Dema STID MOHAMMAD NATSIR Hizma Khoirunisa dan sambutan dari Ketua Divisi Kementrian Luar dan Dalam Negeri DEMA STID MOHAMMAD, "Tujuan diadakannya kegiatan Cakap Santai yaitu agar kita sebagai seorang mahasiswi sekaligus kader da'iyah mengetahui permasalahan apa saja yang ada diluaran sana, agar kita juga melek informasi". Ujar Umi

Setelah itu langsung dilanjutkan dengan narasumber yang pertama yaitu Mela Oktafia selaku Koordinator Forum Perempuan BEM SI. Dalam hal ini, membahas tentang peran perempuan harus berilmu dan harus banyak mengetahui informasi di internal maupun di eksternal. Jangan hanya fokus pada diri sendiri saja akan tetapi fokuslah pada dunia dan agama.

Pada intinya beliau menyampaikan bahwa kita sebagai seorang perempuan harus tau bagaimana cara melindungi diri kita ditengah marak nya kaum feminis, kita juga harus mempunyai ilmu tentang apa saja yang harus kita lakukan. Jangan menunggu sesuatu itu terjadi baru mencari. Dan ketika ada sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi pada seorang perempuan jangan menjudge orang nya, akan tetapi lihat lah dulu kejadian yang sebenarnya.

Dilanjutkan dengan narasumber yang kedua yaitu Fitria selaku Koordinator Isu Kejahatan Seksual menyampaikan bahwa kita sebagai perempuan perlu memahami dan mengakses informasi untuk berpihak dan bersuara, dan juga kita harus berkontribusi dalam sebuah kelompok atau komunitas untuk memperkaya edukasi kita, terakhir yang beliau sampaikan yaitu masyarakat sangat lah luas jadi kita perlu banyak informasi agar kita tau apa yang sedang terjadi di masyarakat. 


Senja Diana/Marwah

Tidak ada komentar