Header Ads

MASTAMA : Hari Ke - 1 (Pembukaan MASTAMA & Taujih Pengkaderan)


Senin, 05 September 2022 STID Mohammad Natsir mengadakan agenda tahunan yaitu MASTAMA (Masa Ta'aruf Mahasiswa/i), agenda ini di adakan rutin setiap ajaran baru dengan tujuan menyambut para da'i dan da'iyyah di kampus STID Mohammad Natsir.

Pembekalan ini di isi oleh ustadz Dr. Adian Husaini, M.A selaku ketua dewan da'wah Islamiyyah Indonesia, dengan tema Pembukaan MASTAMA & Taujih Pengkaderan.

Sebagai awal perkenalan,  ustadz Adian Husaini mengajukan pertanyaan kepada para mahasiswa terkait bagaimana dan apa tujuan mereka memilih kampus STID Mohammad Natsir sebagai tempat menuntut ilmu.

Beliau juga memberikan pemahaman bahwa pendidikan terbaik adalah pendidikan yang mereka belajar lalu mengamalkan ilmu tersebut, selain itu bukan hanya dari segi kemampuan saja, pendidikan terbaik juga mampu melahirkan manusia yang bermanfaat bagi manusia lainnya.

خَيرُ النَّاس اَنْفَعُهُم لِلنَّاسِ

"Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya" ( HR. Bukhari).

Maka apabila di luar sana mahasiswa menuntut ilmu karena suatu pekerjaan duniawi saja beda halnya dengan kampus STID Mohammad Natsir yang menjadikan para mahasiswa/i sebagai mujahid bagi agama Allah, karena orang yang meninggalkan jihad maka akan dicengkam kehinaan dan ditimpa penyakit _wahn_ yaitu cinta dunia.

Ketika diluar sana orang yang kaya, berkuasa, cantik, dan populer menjadikannya sebagai orang yang di hormati, beda halnya dengan Islam yang memiliki cara berbeda dalam memandang kehormatan manusia, Islam menghormati manusia apabila dia memiliki keimanan dan ilmu pengetahuan.

Acara ini berjalan baik dengan antusias para mahasiswa dalam menyimak materi yang di sampaikan dari awal hingga akhir, acara ini tidak ada sesi tanya jawab dan di akhiri langsung oleh rektor STID Mohammad Natsir yaitu ustadz Dr. Dwi Budiman Assiroji, M.Pd.I.

 

Nuriah/Marwah

Tidak ada komentar