Header Ads

Tidur yang Dilarang

Karena Tidur Selepas Subuh bukan Jalan Kesuksesan

Tidur selepas subuh memang sangat menggoda. Suasananya seakan mendukung, situasi nya pun seolah bersahabat. Tentu juga banyak orang yang gak jarang melakukan tidur selepas subuh. Namun sangat di sayangkan kebiasaan tidur selepas subuh merupakan hal yang tidak bagus.

Ibnul Qayyim (Zaadul Ma'ad 4/222) menukil bait syair seorang pujangga: 

أَلَا إِنَّ نَوْمَاتِ الضُّحَى تُورِثُ الْفَتَى ... خَبَالًا وَنَوْمَاتُ الْعُصَيْرِ جُنُونُ 

Sadarilah! Sungguh, tidur pagi mewariskan kebodohan untuk pemuda. Adapun tidur sore hari membuatnya seperti orang gila.

            Kaum Salaf, menurut Ibnul Qayyim (Madarijus Salikin 1/457), tidak suka tidur pagi, terutama antara shalat subuh hingga matahari terbit. Kenapa? Ya karena saat-saat itu merupakan kesempatan emas untuk panen berbagai macam pahala, kunci sukses dan juga penentu rangkaian hari terletak di paginya. Pada waktu pagi itu merupakan waktu turunnya rezeki, pembagian rezeki, dan tersebarnya berkah. Masa mau di sia-siakan dengan tidur?

Tidak ada cerita nya loh orang sukses yang senang tidur pagi. Sukses apapun itu. Dunia maupun akhirat. Mereka yang terbiasa tidur pada waktu pagi adalah orang-orang gagal. Kenapa orang yang gagal? Karena,di saat Orang lain memulai harinya,ia malah santai dengan tidur. Dan juga sebagai Orang-orang yang hidup tanpa harapan. Gemar tidur selepas subuh merupakan aktifitas yang melekat pada sosok pemalas. Jadi, jangan marah kalau dipanggil pemalas! Karena hobi tidur selapas subuh. Seseorang yang rajin dan ingin sukses tentunya tidak menyia-nyiakan waktu berharganya untuk tidur selapas subuh. Melainkan memulai aktifitas nya di pagi hari tersebut.

Pagi hari itu bukan hanya berkah untuk mereka yang hendak sukses dalam usaha. Bahkan pun Para Ahli Fikih, Ahli Hadits dan Ahli Ilmu lainnya pun memulai kesuksesan nya tidak dengan tidur pagi. Bahkan sejak sebelum fajar menyingsing, mereka telah berpacu dengan waktu dan berlomba dengan nafas untuk mendatangi majlis-majlis ilmu. Tidak ingin mamanya terlambat datang dan tidak mau duduk di shaf belakang. Menjadi orang pintar Agama, Hafidz Qur'an, Ahli Fikih dan Pewaris Ilmu para Nabi, tidak mungkin berlaku bagi engkau yang suka tidur pagi.  

Kamu suka tidur pagi terus berharap digolongkan dalam barisan para ulama di hari kiamat kelak? Kamu senang tidur pagi lalu bercita-cita membela Islam? Kamu selalu tidur pagi kemudian ingin hidup mulia? Tolonglah bercermin pada diri sendiri. Dan saatnya bagi kita yang masih gemar melakukan tidur selepas subuh untuk mengubah kebiasaan buruk tersebut.


Aziza Laili/MARWAH

Tidak ada komentar