Header Ads

Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan Tubuh


Manfaat minum air putih untuk kesehatan tubuh. 
Air merupakan sumber kehidupan seluruh makhluk hidup di bumi dan merupakan komponen terbanyak dalam tubuh. Air ini mengatur semua sistem dalam tubuh, termasuk fungsi otak, sistem pencernaan, sistem pernapasan dan lain-lain. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan tubuh, setiap orang harus minum air putih minimal 8 gelas sehari. Minum air juga dapat membantu membuang racun dan hasil metabolismepun lebih lancar. Hal ini dapat menghindarkan kita dari penyakit maag dan sembelit. Keberadaannya juga diperlukan untuk melindungi jaringan tubuh yang sensitif dan melembabkan telinga, hidung, dan tenggorokan. Namun karena berbagai kesibukan seringkali kita melalaikan hal ini.
Beberapa fungsi lainnya yaitu mengatur suhu tubuh, menjaga organ tubuh dan jaringan, mengeluarkan kotoran dan racun dalam tubuh serta melumasi sendi.
Kurangnya asupan air minum dalam tubuh akan mengakibatkan Dehidrasi yang merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh kekurangan asupan cairan, atau cairan yang hilang lebih banyak daripada yang masuk. Dehidrasi juga mengakibatkan tubuh tidak berfungsi secara normal.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyarankan orang dewasa untuk minum 8 gelas air putih berukuran 230 ml per hari atau 2 liter per hari. Namun sebenarnya kebutuhan air setiap orang berbeda-beda maka, minumlah ketika kita merasa haus sehingga kebutuhan air kita terpenuhi. Rasa haus merupakan isyarat tubuh bahwa tubuh kita membutuhkan air.
Minum air dalam jumlah yang tepat, serta pada waktu yang tepat, akan memastikan manfaat yang maksimal. Waktu yang tepat untuk mengkonsumsi air putih adalah :
• Setelah bangun di pagi hari (1-2 gelas).
• Sebelum makan (1 gelas).
• Setelah makan (1 gelas).
• Sebelum dan setelah olahraga (minum 1 gelas 30 menit sebelum berolahraga, dan cukupi cairan tubuh setelah berolahraga).
• Menjelang sore hari (1 gelas, bisa digunakan sebagai pengganti kopi atau teh).
• Sebelum tidur (1-2 gelas).
Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, seseorang memerlukan cairan lebih banyak dari biasanya yaitu ketika cuaca yang sangat panas, saat berolahraga atau aktif secara fisik, dan saat mengalami demam, diare, atau muntah-muntah. Air yang dikonsumsi tentunya tidak boleh air yang sembarangan. Ketentuan air minum yang layak dan aman untuk dikonsumsi menurut Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, yakni air yang tidak memiliki rasa, bau atau warna, tidak mengandung bakteri, dan tidak mengandung bahan kimia melebihi batas yang diperbolehkan. Dalam Al-Qur’an telah dijelaskan bahwa air adalah suatu cairan yang amat bersih dan berfungsi untuk membersihkan segala sesuatu. Allah ta’ala berfirman :
وَأَنزلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً طَهُورًا
“Dan Kami turunkan dari langit air yang amat bersih.” (Qs. Al-Furqon : 48)
Selanjutnya, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk minum air putih dengan jumlah yang tepat dan memastikan kita terhindar dari Dehidrasi. Salah satu caranya yakni membawa botol minum saat akan bepergian. Dengan hal ini kita memastikan bahwa tubuh kita mengkonsumsi air dengan jumlah yang tepat dimanapun kita berada dan memastikan tercukupinya jumlah air yang kita minum pada hari itu. Selain itu, air harus menjadi pilihan utama dibandingkan dengan minuman lain di restoran atau minimarket. Hal ini menghindari berbagai masalah kesehatan seperti obesitas, diabetes dan penyakit jantung.
Dalam islam, air memiliki kedudukan yang amat istimewa. Terbukti dengan disebutkannya sebanyak 63 kali yang tersebar dalam 42 surah dalam Al-Qur’an. Bahkan di bumi tempat kita hidup ini komponen terbesar adalah air dan Allah menjadikan segala sesuatu terbuat dari air, sebagaimana firman-Nya :
وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاءِ كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّ ۖ أَفَلَا يُؤْمِنُونَ
“Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?” (Qs. Al-Anbiya : 30)


Widiyanti/MARWAH

Tidak ada komentar