Header Ads

Manfaat Madu dalam Dunia Medis/ Kesehatan

Tahukah kalian ternyata madu dalam medis itu sangat bagus dan dibutuhkan untuk kesehatan. Tapi sebelum itu kita harus mengetahui dari manakah madu itu berasal? Madu berasal dari saripati beragam tanaman yang dihasilkan oleh lebah dalam bentuk cairan.
Madu telah mendapatkan tempat yang istimewa dalam sejarah pengobatan tradisional. Seperti orang-orang Mesir, China, Yunani dan Romawi kuno mereka memanfaatkan madu untuk menyembuhkan luka dan beragam penyakit.
Adapun ayat al-quran pada surah an-nahl ayat 68-69 yang menerangkan tentang madu.

وَأَوْحَى رَبُّكَ إِلَى النَّحْلِ أَنِ اتَّخِذِي مِنَ الْجِبَالِ بُيُوتًا وَمِنَ الشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُونَ

"Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia. kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu).”

ثُمَّ كُلِي مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلا يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

"Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan”.

Para ilmuwan pun, akhir-akhir ini juga tergerak hatinya melakukan penelitian secara mendalam akan khasiat madu secara ilmiah. Mereka membuktikan bahwa ternyata madu memang memilik efek yang menguntungkan pada kondisi medis tertentu.
1. Madu dapat digunakan sebagai zat anti bakteri dan jamur. Karena madu ternyata dapat menghambat pertumbuhan bakteri seperti pathogen tertentu, serta fungi atau jamur.
2. Madu digunakan sebagai antimencret. Dengan konsentrasi hingga 40%, madu memberikan efek bacterial yang menyebabkan mencret serta disentri.
3. Madu dapat digunakan sebagai penyembuh luka dan anti luka bakar serta mengurangi tajamnya bau yang diakibatkan borok pada orang yang berpenyakit kusta.
4. Madu sebagai sumber nutrisi.
5. Madu dapat digunakan untuk mencairkan dahak dan melegakan tenggorokan.


Alya Suraya/MARWAH

Tidak ada komentar