Header Ads

Daurah Hijab Syar'i bersama Ustadz Isham Aini LC.

Daurah Hijab Syar'i bersama Ustadz Isham Aini LC.

Bidang karakter kampus putri STID M. Natsir kembali menggelar daurah dengan tema "Hijab Syar'i" yang wajib diikuti oleh mahasiswi semester satu. Agenda ini dilaksanakan pada ahad 13 desember 2020 dan dimulai pukul 08.00 WIB secara virtual melalui aplikasi zoom.

Daurah hijab syar'i diagendakan setiap semester ganjil dengan tujuan menambah wawasan mahasiswi terkait hijab yang sesuai dengan kaidah Al-Qur'an dan Sunnah.

Agenda pertama yaitu pembukaan oleh moderator, kemudian pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh ukhti Bintan Aqidatul Mahmudah.

Agenda ketiga adalah acara inti, yaitu penyampaian materi oleh ustadz Isham Aini LC. "Apa yang Rasul perintahkan maka ambillah, dan apa yang dilarang maka jauhilah. Seluruh ajaran Islam sempurna dan memiliki maslahat bagi pemeluknya.

Rasulullah bersabda "Tidak tersisa sedikit pun dari perkara yang menjauhkan dari neraka dan mendekatkan ke syurga kecuali telah aku jelaskan." Kewajiban kita dalam beragama adalah mematuhi, menjauhi dan tidak mengada-ada, salah satunya terkait hijab."

Kemudian beliau menjelaskan 8 kriteria pakaian syar'i, antara lain: pakaian yang menutupi seluruh anggota tubuh kecuali muka dan telapak tangan, pakaian yang longgar, tidak memikat perhatian lawan jenis dan tidak menyerupai pakaian orang Kafir.

Agenda terakhir adalah sesi tanya jawab dengan pertanyaan dari salah satu mahasiswi, "Bagaimana sikap dalam menjaga keistiqamahan berhijab syar'i ditengah kondisi masyarakat yg tidak kondusif?"

"Dalam menghadapinya hal pertama yang harus kita lakukan adalah meminta pertolongan pada Allah, berdakwah melalui ceramah, berkomunikasi pada tokoh masyarakat, tetap berbuat baik dan memberikan hak dalam bermasyarakat." 

Agenda hari ini ditutup dengan hamdalah dan kafaratul majlis pada pukul 11.00 WIB. (Miftah/Marwah)

Tidak ada komentar