Header Ads

Daurah Iqra'


Ahad,20 Desember 2020 Bidang pembinaan karakter STID Mohammad Natsir putri kembali mengadakan Dauroh " Pelatihan Iqro' dan Management TPA" Jika kegiatan dauroh sebelumnya dilakukan secara tatap muka  Berbeda dengan kegiatan dauroh kali ini yang di lakukan secara online melalui via zoom meeting. 

Dauroh ini di mulai pukul 09:00 sampai 11:00 WIB, dan  wajib di ikuti oleh seluruh mahasiswi semester 3, pengisinya adalah Ustad Aswan Haidi M.Pd.I. Dalam penyampaiannya beliau mengajarkan kunci sukses mengajar iqro', dimana beliau mengawali dengan memberikan kata mutiara yaitu  "Sabar laksana racun, pahit dirasakan tetapi akibatnya lebih manis dari pada madu, dunia anak dunia bermain tetapi mengajar anak bukan pekerjaan main-main". 

Pengertian iqro' sendiri adalah sebuah metode pengajaran Al-Qur'an yang terdiri dari 6 jilid dan bisa di gunakan untuk kalangn balita dan lansia. Dan sebelum mengajarkan buku iqro' ini hendaknya seorang guru harus memperhatikan beberapa hal

1. Seorang guru harus membaca detail petunjuk pengajaran iqro'

2.  Guru memahami pokok bahasan yang terkandung dalam masing-masing buku iqro'

3. Guru mengetahui cara mengajat masing-masing buku iqro' . Dan masih banyak lagi.

Selain itu Ustad Aswan Haidi M.Pd.I juga menyampaikan penyebab kegagalan dalam pengajaran iqro' ,beberapa diantaranya adalah

1. Santri salah membaca ta'awuz / basmalah dan tidak di leringatkan atau di betulkan.

2. Guru belum menguasai bacaan tartil sehingga  banyak bacaan santri yang salah dan tidak di betulkan

3. Guru tidak segera menegur bacaan santri yang  cenderung keliru panjang pendeknya. Dan masihbanyak lagi.

Dauroh ini  dilaksanakan guna memberikan pengajaran dan pelatihan Iqro' dan management TPA kepada para mahasiswi karena melihat  mahasiswi semester 3  yang sedang melaksanakan kegiatan praktikum da'wah yaitu mengajar TPA di daerah masing-masing, jadi pelatihan ini sangat berguna untuk perbaikan pengajaran para mahasiwi kedepannya. (Safira/Marwah)


Tidak ada komentar