Header Ads

Malulah Akan Teguran Rabb-mu

          Malulah Akan Teguran Rabbmu



Sahabat mulia Abdullah bin Mas'ud _radhiallahu 'anhu_ berkata "Tatkala turun ayat,

 *اَلَمْ يَأْنِ لِلَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَنْ تَخْشَعَ قُلُوْبُهُمْ لِذِكْرِ اللّٰهِ* وَمَا نَزَلَ مِنَ الْحَقِّۙ وَلَا يَكُوْنُوْا كَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ مِنْ قَبْلُ فَطَالَ عَلَيْهِمُ الْاَمَدُ فَقَسَتْ قُلُوْبُهُمْۗ وَكَثِيْرٌ مِّنْهُمْ فٰسِقُوْنَ

"Belum tibakah waktunya bagi orang-orang yang beriman, untuk secara khusyuk mengingat Allah dan mematuhi kebenaran yang telah diwahyukan (kepada mereka) dan janganlah mereka (berlaku) seperti orang-orang yang telah menerima Kitab sebelum itu, kemudian mereka melalui masa yang panjang sehingga hati mereka menjadi keras. Dan banyak di antara mereka menjadi orang-orang fasik."
(Al-Hadid (57) : 16)

Saat itu baru empat tahun kami memeluk Islam. Namun Allah _Ta'ala_  telah menegur kami dalam hal kekhusyukan dalam shalat. Kami pun kemudian keluar untuk saling menegur satu sama lain, dengan mengatakan, "Sudahkah kalian mendengar bahwa Allah telah berfirman 'Belumkah datang waktunya bagi orang-orang beriman, untuk tunduk hati mereka mengingat Allah?.

"Salah seorang lelaki pun kemudian sempat terjatuh akibat menangis atas teguran Allah _Ta'ala_ terhadap diri kami."

Wahai diri! Belum datang jugakah waktu bagimu untuk meraih kekhusyukan dalam shalat??
Wahai diri! Tidak pernahkah engkau merasakan meski hanya sekali, bahwa Allah _Ta'ala_ telah menegurmu dengan ayat di atas?

Malulah atas teguran Allah _Ta'ala_ ini!!
Wahai diri! Bagaimana denganmu?!

Dimana letak hatimu yang telah Allah berikan kepadamu selama ini??
Mari luangkan sejenak waktumu untuk mencarinya!

Imam Abu Hamid Al-Ghazali _rahimahullah_ berkata "Carilah hatimu di tiga tempat" :
pertama, ketika membaca Al-Quran; kedua, ketika shalat, dan ketiga, ketika mengingat kematian. Jika di tiga tempat tersebut engkau belum menemukan hatimu, maka Mohonlah kepada Allah untuk memberimu hati, sebab engkau sedang tidak memilikinya! 

Wahai diri! Bayangkan!
Syukur bila engkau berhasil menemukan hati  mu di tiga kesempatan tersebut. Pasti engkau akan berada dalam puncak kebahagiaan! Bukankah demikian, wahai diri? 

Namun nampaknya engkau terdiam... Mengapa?
Apakah engkau sedang mencari sebuah hati untuk dirimu?

Ingatlah untuk tidak berputus asa menunggu di pintu, meski dirimu ditolak!
Jangan pernah bosan untuk mengetuk pintu tersebut sampai dirimu disambut dengan baik oleh Sang Pemilik.

Karena Allah _Ta'ala_ telah menjanjikan

*وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ*  ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ

"Dan Tuhanmu berfirman, "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk ke Neraka Jahanam dalam keadaan hina dina." (Ghafir (49) : 60)

(Iis Dwi Lestari/ MARWAH) 

Tidak ada komentar