Header Ads

Bersegera Menuju Berkah


                    Bersegera Menuju Berkah


Allah Ta'ala menyeru para hamba untuk bersegera menuju ampunan dan rahmat-Nya, terutama di bulan mulia ini. Setiap amal akan mendapatkan pahala berlipat ganda dari bulan-bulan lainnya, dan disetiap sudut Ramadhan terdapat berkah didalamnya.

Ketika menjalankan puasa Ramadhan, terdapat amal yang dipenuhi berkah dan Allah Ta'ala memerintahkan manusia untuk bersegera melaksanakannya, antara lain:

1. Bangun untuk sahur

Meski sangat mengantuk dan lelah, bangun untuk sahur merupakan sunnah dan waktu yang mustajab untuk berdo'a. Sebagian orang mengira waktu sahur hanya waktu untuk menyantap makanan, padahal Allah Ta'ala turun disepertiga malam ini. Rasulullah salallahu 'alaihi wa sallam bersabda,"Rabb kita Tabaraka wa Taala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, “Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, niscaya akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, niscaya Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepadaKu, niscaya akan Aku ampuni.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Ibnu Hajar juga menjelaskan hadits diatas dengan berkata, “Doa dan istighfar di waktu sahur dikabulkan.” (Fathul Bari)
Selain berdo'a, disunnahkan untuk mengakhirkan makan sahur sehingga tidak terlambat melaksanakan shalat subuh. Rasulullah salallahu 'alaihi wa salam bersabda, "Sahurlah kalian karena sesungguhnya didalam sahur itu ada berkah." (H.R Bukhari)

2. Ifthar (buka puasa)

Rasulullah salallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Manusia senantiasa berada didalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka."

Berbuka puasa setelah sehari penuh menahan diri merupakan salah satu kebahagiaan bagi seorang Muslim yang mendapatkannya. Banyak berkah ketika berbuka puasa, diantaranya adalah waktu yang mustajab untuk berdo'a dan Rasulullah salallahu 'alaihi wa sallam senantiasa membaca:

ذَهَبَ الظَّمَأُ، وابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وثَبَتَ اْلأَجْرُ إِنْ شَاءَاللهُ
"Telah hilanglah dahaga, telah basah kerongkongan dan pahala telah ditetapkan in syaa Allah." (H.R Abu Dawud)

3. Melaksanakan amal kebaikan dan menghindari keburukan

Hendaknya seorang Muslim yang tengah berpuasa mendekatkan dirinya dengan amal kebaikan, seperti membaca Al-Qur'an, dzikir, sedekah, membaca buku-buku Islami, menyiapkan makanan bagi orang yang berpuasa, dsb. Sedangkan perbuatan yang harus dihindari yaitu mengadu domba, ghibah, berzina, bersetubuh (bagi suami istri), menyibukkan diri dengan kegiatan yang melalaikan, dsb.

Semoga kita termasuk orang-orang yang mendapatkan pahala puasa Ramadhan yang sempurna dan senantiasa berada dalam petunjuk Allah ta'ala. Wallahu a'lam bishawab, wa baarakallahu fiikum. (Miftah/Marwah)

Referensi:
Fiqh Dr. Ali Sa'id Al-Ghamidi


2 komentar: