Header Ads

Dema Akhwat STID Mohammad Natsir bersama Muslimat Center dan Syabab Masjid Nourah Abdurrahman kembali melakukan pendistribusian barang donasi ke lokasi longsor



Dema Akhwat STID Mohammad Natsir bersama Muslimat Center dan Syabab Masjid Nourah Abdurrahman kembali melakukan pendistribusian barang donasi ke lokasi longsor yang berada di desa Nanggung, Kabupaten Bogor, pada tanggal 12/01/2020.

Wilayah ini merupakan daerah yang terdampak cukup parah akibat dari longsor. Diperkirakan ada beberapa desa yang  terkena dampak longsor tersebut. Posisi dari desa Nanggung sendiri dikelilingi oleh gunung-gunung, yang kemungkinan bisa terjadi  adanya longsor. 


Selama perjalanan menuju ke lokasi bencana longsor, para relawan mengalami sebuah kejadian diluar dugaan. Medan tempur yang sangat terjal dan curam menyebabkan salah satu mobil yang membawa muatan bahan logistik mengalami sebuah kejadian ambles di desa Nanggung tersebut. Perlu waktu kurang lebih satu jam untuk melakukan proses evakuasi mobil yang memuat bahan logistik. 

Dengan segala upaya dan bantuan dari para warga, mobil yang memuat bahan logistik didorong agar sampai ke permukaan jalan yang layak. Alhasil mobil pun tidak berpindah tempat dan tetap pada posisi tersebut. Setelah para relawan mencari sebuah bantuan, akhirnya mobil Jeep khusus untuk pendakian diatas bukit membantu mobil para relawan DEMA Akhwat STID Mohammad Natsir dan Syabab Nourah Abdurrahman. Dan bantuan logistik pun sampai ke lokasi pengungsian korban bencana longsor. 


Menurut penjelasan dari salah seorang warga di desa tersebut berinisial H. Longsor terjadi pada tanggal 1/01/2020 malam hari. Ia menjelaskan bahwa ini adalah longsor pertama kali yang ia alami, "sebelumnya ga pernah terjadi walaupun hujan 3 hari 3 malam" ujar nya dengan menggunakan logat Sunda. Ia bersama dengan para pengungsi lainnya sudah berada di posko pengungsi kurang lebih selama 7 hari. Tenda pengungsian baru berdiri ketika 3 hari sejak kejadian longsor. 

Sebelum mereka mendapatkan tenda pengungsian, para korban mengungsi ke sekolah terdekat yang mereka anggap aman untuk sementara walaupun kondisi bangunan sekolah tersebut dalam keadaan retak. Mereka pun mengungkapkan bahwa bantuan logistik yang datang ke mereka cuku terjangkau oleh mereka. Mengingat banyak relawan yang terjun untuk memberikan bantuannya kepada para korban longsor. 

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun tidak bisa diprediksikan apakah longsor akan terjadi kembali atau tidak, mengingat cuaca saat ini masih belum stabil.

Tidak ada komentar