Header Ads

3 Pesan Sebelum Menikmati Liburan



Jakarta Timur- sabtu (18/01/2020) pada pukul 16.17 WIB Acara pembekalan setelah ujian akhir semester (UAS) dilaksanakan sore ini di aula Sakinah komplek Muslimat Center, dipandu oleh Ida Sofi dan Asri Febrianti selaku pembawa acara.

Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh Siti Aisyah mahasiswi semester 1 jurusan PMI. Kemudian nasihat liburan yang disampaikan oleh ustadz Dwi Budiman As-siradji M.Pd.I. 

Sebelum memberikan nasihat atau bekal liburan, beliau mengingatkan seluruh mahasiswi untuk bersyukur telah melewati 3 ujian, yaitu: ujian selama perkuliahan, ujian akhir semester, dan ujian komprehensif. Setelah tiga ujian tersebut ada satu ujian yang akan dihadapi, yaitu ujian liburan.

"Ketika libur seorang manusia diberikan dua nikmat oleh Allah, yaitu nikmat sehat dan waktu luang. Namun, keduanya merupakan fitnah jika seorang manusia cenderung bersantai dan menunda ibadah. Rasulullah salallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Ada dua kenikmatan yang membuat manusia tertipu, yaitu nikmat sehat dan waktu luang."

Kemudian beliau melanjutkan nasihat dengan tiga point penting agar liburan menjadi nikmat dan berpahala.

"Yang pertama, mulailah dengan niat yang lurus bukan dengan niat tidur atau main HP seharian. Yang kedua, ingatlah bahwa kita memiliki status yang tidak akan pernah libur, yaitu seorang da'i dan penuntut ilmu. Isilah liburan dengan dakwah kepada keluarga dan kajian ilmu. Yang ketiga, menyusun rencana selama liburan. Sebaiknya kita melakukan evaluasi, sebelum libur target apa saja yang belum terlaksanakan dan buatlah rencana untuk merealisasikannya ketika liburan."

Sebelum menutup materi, ustadz Dwi Budiman berpesan untuk menyampaikan salam kepada setiap orang tua dan pesan untuk selalu mendo'akan para asatidz dan pengurus kampus STID M. Natsir. (Miftah/Marwah)

Tidak ada komentar