Header Ads

Ustadz Dwi Budiman Assiroji selaku pemimpin STID M Natsir sampaikan bekal liburan ini untuk Mahasiswi



Semester ganjil T.A 2019/2020 pun berakhir. Pihak Kampus Putri STID M Natsir mengadakan Pembekalan Liburan bagi Seluruh Mahasiswi pada hari Sabtu, 18 Januari 2020 di Aula Sakinah, Muslimat Center Cipayung.

Pada acara pembekalan tersebut, Ust. Dr. Dwi Budiman Assiroji, M.Pd.I  mengatakan bahwa Para Mahasiswi telah melalui ujian beberapa pekan lalu. Ya. Ujian itu dibuat oleh manusia.
Namun sejatinya setelah melalui ujian tersebut, kita masih dihadapkan oleh ujian yang diberikan Allah, yaitu berlibur.
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ ، الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ
.
”Ada dua kenikmatan yang banyak manusia tertipu, yaitu nikmat sehat dan waktu senggang”. (HR. Bukhari no. 6412, dari Ibnu ‘Abbas)

Ustadz menjelaskan ; selama 6 bulan ini kita memang tidak punya waktu luang. Namun kita punya nikmat sehat. Dan nanti, selama 3 pekan ke depan kita akan berlibur, serta mendapat ujian dari Allah. Yakni waktu luang.

Kenapa Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wassallam mengatakan bahwa jika 2 hal ini menjadi kerugian? Karena dengan hal itu, pada umumnya manusia akan malas melaksanakan ketaatan kepada Allah, dan ia akan mencari perbuatan sia-sia atau bahkan yang dilarang oleh Allah. Itu karena dia memiliki waktu luang dan punya nikmat sehat.

Maka dari itu Ibn Mas'ud Radiyallahu 'Anhu berkata "Aku sangat benci orang yang nganggur, dia tidak punya amalan yang berharga untuk akhiratnya".

Pemimpin STID M Natsir itu pun melanjutkan bahwa Mahasiswi harus meluruskan dan tekadkan niat, bahwa liburan kali ini harus bermanfaat. Beliau juga menambahkan bahwa tidak ada istilah libur bagi seorang Da'iyyah. Kewajiban seorang Da'iyyah dalam ber-amar ma'ruf nahi mungkar tidak lah berhenti. Maka bagaimana pun kita dan dalam kondisi apapun kita, status kita sebagai seorang Sa'iyyah tidak bisa lepas.
.
Diakhir acara Pembekalan ini, Ustadz Dwi berpesan "Status kita adalah penuntut ilmu. Maka isilah kegiatan libur kita nanti dengan membaca buku, diskusi, dan hal-hal yang bermanfaat".
(Khairunnisya/kompus akhwat)

Tidak ada komentar