Header Ads

STID Mohammad Natsir Putri Kembali Laksanakan Program Musabaqoh



Bidang Tahfidz STID Mohammad Natsir berkerja sama dengan DEMA Akhwat kembali mengadakan acara "Musabaqoh Hifdzil Qur'an, Hadits, wal Ad'iyyah". Acara yang telah terlaksana pada Ahad (8/12) di Aula Sakinah ini diikuti oleh seluruh Mahasiswi STID Mohammad Natsir Putri. "Musabaqoh Hifdzil Qur'an, Hadits, wa Du'a" ini sendiri merupakan program  rutin dalam setiap tahunnya.

Ustadzah Yudhita Omayra, S.Kom.I selaku Manajer Bidang Tahfidz STID Mohammad Natsir mengawali acara dengan memberikan motivasi kepada para peserta Musabaqoh. Beliau berharap, kegiatan ini menjadi ajang untuk mengulang hafalan. 

Terdapat 6 kategori dalam musabaqoh kali ini, yaitu kategori Hifdzil Qur'an juz 30, Hifdzil Qur'an 3 juz, Hifdzil Qur'an 5 juz, Hifdzil 15 Hadits, Hifdzil 42 hadits, dan Hifdzi Du'a. Dari ke-enam kategori tersebut akan diambil masing-masing juara 1,2, dan 3.



Untuk kategori Hifdzil Qur'an dan Hadits, di babak awal, sistem yang dipakai adalah sistem gugur, para peserta diminta untuk menjawab soal yang diajukan, kemudian yang tidak dapat menjawab otomatis gugur. Sistem penilaian juri pun begitu ketat, peserta diberi waktu maksimal 10 detik untuk berfikir, kemudian jika terdapat bacaan yang keliru, baik pelafalan maupun harakatnya, maka peserta dipersilahkan untuk mundur.

Menjelang adzan Dzuhur, acara diakhiri dengan pembagian hadiah untuk para pemenang lomba, dan sertifikat bagi para peserta, tak lupa juga sesi foto untuk seluruh peserta.

"Yang terpenting dalam acara ini adalah fastabiqul Khoirot!" Ujar Nurudhuha, salah satu peserta Musabaqoh Hifdzil Hadits diakhir acara.(Yusi Surya Rahayu)

Tidak ada komentar