Header Ads

Muslim itu, Ideal !!



Seorang muslim wajib tampil ideal tidak hanya sisi spiritualnya saja, fisik pun berhak mendapat perhatian ekstra.


Dewasa ini, bentuk tubuh ideal identik dengan bentuk sixpack seperti para binaragawan atau atlet, namun yang dimaksud dengan tubuh ideal menurut kedokteran adalah tubuh yang kuat dan sehat.


Sejarah telah mencatat betapa ideal tubuh kaum muslimin generasi terbaik, dengan stamina yang kuat mereka menghabiskan banyak waktu untuk berlaga di medan jihad. Sebagaimana diceritakan dalam kitab Sirah Khulafa'u Rasyidin karya imam Ibnu Katsir pada perang Qadisiyah dibawah pimpinan Sa'ad bin Abi Waqas kaum muslimin beperang melawan gajah dan berhasil menaklukkannya.


Anas bin Malik menerangkan tentang sebagian ciri-ciri Nabi Muhammad _salallahu 'alaihi wa sallam_ , “Beliau laki-laki yang paling gagah, rupawan, tidak terlalu tinggi, dan tidak pula pendek. Dadanya bidang, pipinya halus, rambutnya sangat hitam, dan sepasang matanya bercelak. Warna kulitnya cerah, tidak terlalu putih seperti bule dan tidak gelap (sawo matang). Rambutnya tidak terlalu keriting dan tidak pula lurus.” (Al-Mukhtashar no. 1). Selain memiliki bentuk tubuh ideal, beliau pun menjaga kesehatan tubuhnya dengan mengkonsumsi makanan dan membentuk pola makan yang sehat.


Sedangkan wanita dengan tubuh ideal yaitu Nusaibah binti Ka'ab yang menjadi tameng hidup Rasulullah dan giat berkuda serta memanah agar dapat berkontribusi pada perang-perang lainnya bersama nabi.


Maka, tubuh ideal tidak hanya sekedar bentuk yang sempurna, namun tubuh yang kuat dan sehat untuk terus berjuang demi Islam. (Miftah)

Tidak ada komentar