Header Ads

Mendunia dengan Metode Membaca ala Ulama


“Sesungguhnya jiwaku bahagia dengan ilmu sehingga menjadikannya kuat dan tentram.”
(Ibnu Taimiyyah)


Sahabat, membaca merupakan bagian dari aktifitas yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sebagian khalayak. Siapapun itu baik kalangan anak-anak, remaja, maupun lansia. Semua tidak terlepas dari aktifitas membaca setiap harinya. Namun sayang, banyak pula diantara mereka menganggap bahwa membaca adalah bagian dari aktifitas yang sia-sia dan melelahkan. Karena mereka beranggapan bahwa membaca akan membutuhkan waktu khusus yang sangat lama. Dengannya agar kegiatan membaca semakin efektif dan tidak menjemukkan, berikut tips – tips menurut dr.Raghib as-sirjani yang dapat dilakukan agar membaca menjadi bagian dari kebutuhan yang menyenangkan, diantaranya adalah :


Pertama, luruskan niat
Kedua, Memilih buku bacaan yang sesuai dengan kondisi hati
Ketiga, Dawamkan dalam hati bahwa dengan membaca akan menambah ilmu pengetahuan dan memperluas kosakata


Jika diantara kalian masih kesulitan dalam melakukannya atau merasa jemu dengan bahasa yang disuguhkan dalam bacaan, cobalah metode membaca para ulama, yang akan kami paparkan:


Membaca buku berulang – ulang
Membaca dalam waktu yang cepat
Membaca buku disaat bepergian
Membaca buku di keheningan malam

Nah, itulah beberapa tips agar masing – masing dari kita semakin bersahabat dengan buku. Karena, menuntut ilmu itu tidak harus duduk dikelas secara formal. Namun, dengan membaca maka, secara tidak langsung kita sedang berguru pada penulisnya. Pepatah mengatakan, If u think read the book it’s bored, you’re doing it wrong!
Semoga bermanfaat. (Novi/Marwah)

Tidak ada komentar