Header Ads

Dulu Memimpin Dunia, Sekarang Dipimpin Dunia



Dulu Memimpin Dunia, Sekarang Dipimpin Dunia



 


Kehidupan manusia di dunia mencakup “I-POL-EK-SOS-BUD-HAN-KAM” yaitu Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya, Pertahanan, dan Keamanan. Maka sebaik-baiknya sistem kehidupan yang menjalankannya hanyalah Islam sebagaimana apa yang telah Rosulullah kemudian para sahabat contohkan untuk kita. Islam adalah agama yang komprehensif yang mencakup segala aspek dalam kehidupan, baik yang bersifat dunia maupun akhirat.
Namun, kini zaman seolah berbalik 180 derajat. Dulu Islam yang memimpin dunia, sekarang Islamlah yang dipimpin dunia. Jika kita putar lagi ke zaman dimana Islam masih menguasai dunia, akan kita lihat peradaban yang begitu indah karena syariat Allah masih tegak di atasnya. Baik orang Muslim ataupun Non-Muslim keduanya hidup damai dibawah naungan syariat Islam.
Semua hal itu terjadi tidak lain adalah salah satu bentuk dari keberhasilan Umat dalam menjalankan syariat Islam dalam segala urusan kehidupan, dari mulai urusan pribadi, sampai ke tatanan pemerintahan. Maka satu hal yang dapat kita garis bawahi dari sisa-sisa sejarah peradaban Islam adalah bahwa yang menjadi salah satu kunci keberhasilan umat itu adalah tercapainya penerapan Syariat Allah dalam jiwa-jiwa masyarakatnya, dan sebaliknya, tanpa syariat Islam umat akan mengalami kemunduran demi kemunduran sebagaimana yang kini tengah terjadi.(Yusi/Marwah)

Tidak ada komentar