Header Ads

Muhasabah Diri


Ukhti Fillah pernahkah kita merenungkan ketika kita lebih memperhatikan berat badan yang naik turun daripada ibadah yang seringkali naik turun akibat kemaksiatan yang dilakukan, disaat kita lebih memperhatikan kebersihan wajah dan merawatnya daripada mengecek hati kita yang penuh noda hitam karena dosa yang kita perbuat.

Ukhti Fillah pernahkah kita merenungkan segala apa yang telah kita perbuat pada hari ini dengan menyisihkan sedikit waktu saja, untuk bermuhasabah sebelum mata terpejam? Disaat kita lebih sering memikirkan hal-hal dunia yang membuat kita lalai, hingga lupa untuk menyiapkan bekal menuju kampung halaman yang sesungguhnya yakni alam akhirat.

Saat ini begitu banyak dari kita tertipu akan gemerlapnya dunia yang fana, hingga tak sempat bermuhasabah walau badai menerpa.

Terkadang kita lupa bahwa harus ada yang kita bawa ketika menghadap sang pencipta, maka jangan pernah lalai dalam bermuhasabah dimanapun dan kapanpun kita berada terutama sebelum memejamkan mata.
 Sebagaimana Allah Berfirman "Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertaqwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." [Al Hasyr/59 : 18]

Suhaila

Tidak ada komentar