Header Ads

Daurah Mahram.


Ahad (14/10) Bidang Pembinaan Karakter Kampus Putri STID Mohammad Natsir menyelanggarakan Daurah Mahram yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya dengan peserta semester 1, 3 dan semester 5 serta 7 pindahan. Acara ini diselenggarakan di Aula Sakinah, Komplek Muslimat Center, Jakarta Timur. 

Pada daurah kali ini, pemateri Ustadz Zain An-Najah, Lc memulainya dengan menjelaskan apa perbedaan mahram dan muhrim. Karena saat ini, banyak yang keliru terkait penggunaan istilah dalam dua kata tersebut. Menurutnya, Mahram adalah orang yang haram untuk dinikahi sedangkan muhrim adalah orang yang menggunakan baju ihram. 

Selanjutnya beliau juga menjelaskan pembagian-pembagian mahram. Hakikatnya, pembagian mahram dibagi menjadi 4. Yakni: Mahram karena nasab, mahram karena pernikahan, mahram karena persusuan dan mahram karena penggabungan. Dengan begitu jelas beliau menjelaskan pembagian-pembagian mahram tersebut hingga diujung waktu para peserta pun diberi kesempatan untuk bertanya.

Para peserta begitu antusias dalam bertanya, sekitar 70% dari peserta ingin mengajukan pertanyaan. Namun, karena waktu yang terbatas sehingga beberapa pertanyaan tidak semuanya ditanggapi.

“Alhamdulillah, acara ini telah mengeluarkan kalian dari kesesatan selama ini” begitulah kesan beliau pada sesi penutupan daurah mahram kali ini. 

(Miftahul Jannah, Bengkulu)

Tidak ada komentar