Header Ads

Apa itu Ilmu?

Dunia dan akhirat merupakan suatu perkara yang tidak bisa dipisahkan, dunia dan akhirat perkara yang sepaket. Karena, hidup di dunia sekarang tergantung dengan sekarang dan hidup di akhirat nanti tergantung hidup sekarang didunia.

Itulah alasan mengapa dunia dan akhirat tidak bisa dipisahkan, lalu bagaimana dengan ilmu-ilmu dunia yang kita pelajari selama ini? Pernahkah kita kaitkan ilmu tersebut dengan akhirat? Contohnya, pelajaran matematika dan fiqih. Manakah yang termasuk dunia? Dan mana yang akhirat?


Rata-rata sebagian orang menjawab matematika hanya pelajaran dunia dan begitupun dengan fiqih yang banyak beranggapan hanya untuk akhirat. Padahal jika kita telaah kembali, matematika dalam al-Qur’an pun ada. Begitupun dengan fiqih, dalam kehidupan sehari-hari kita menggunakan ilmu-ilmu fiqih. Seperti, tata cara jual beli, aktifitas-aktifitas lain baik dari segi sosial maupun ekonomi, adab sehari-hari dan sebagainya.
  
Pada hakikatnya semua ilmmu datangnya dari Allah , mengapa demikian? Karena ilmu basisnya atau dasarnya bersumber dari ayat-ayat tanziliyah dan ayat-ayat kauniyah.
Dari ayat-ayat tanziliyah, yang bersumber dari wahyu Allah seperti penjelasan dalam QS. An-Najm : 4-5, yang menjelaskan bahwa ilmu merupakan sebuah wahyu yang diturunkan oleh Allah semata. Bukan dari siapapun tapi hanya dari Allah .

Dan dari ayat-ayat kauniyah, ilmu terbagi menjadi dua, ilmu yang ada didalam diri kita dan ilmu yang berada  di alam jagad raya. Sebagai contoh, ilmu di dunia untuk sekarang yang bersangkutan dengan diri kita adalah biologi, yaitu proses penciptaan manusia. Adakah penjelasan tersebut dalam al-Qur’an? Jelas pasti ada. Begitupun dengan alam sekitar kita, gambaran tentang gunung warna-warni yang berada di Cina sudah ada lebih dulu di al-Quran. Nah dari hal ini kita bisa simpulkan bahwa ilmu dunia lah yang seharusnya membenarkan al-Quran, bukan al-Qur’an yang membenarkan ilmu-ilmu dunia.

Jadi pada intinya, seluruh ilmu yang ada di dunia ini, semuanya datang dari Allah yang telah jelas Allah firmankan dalam kitab suci al-Qur’an. Dan tidak bisa dipungkiri lagi, dunia dan akhirat harus tetap bersatu, karena saling berkaitan satu sama lain.
Soo, mulai sekarang yuk kita pelajari juga ilmu-ilmu akhirat dan jangan lupa kita harus tetap sangkut pautkan ilmu-ilmu dunia dengan kekuasaan Allah , karena pada dasarnya Allah lah yang memberikan itu semuaaa... J (Dinda)

Tidak ada komentar