Header Ads

Dr. Yulia Andani Murti, M.Kes : Ibu adalah benteng luar biasa, terutama rahimnya.





Ahad (19/02/17) Bidang Karakter Kampus C STID Mohammad Natsir mengadakan Seminar Kesehatan Reproduksi yang diikuti oleh seluruh mahasiswi dengan menghadirkan pemateri  dokter muda asal Tulunggagung Jawa Timur, dr. Hj. Yulia Andani Murti, M.Kes.



Pemateri memulai Seminar dengan mengutip Surat Al-Mursalat ayat 21 “Kemudian Kami letakkan dia dalam tempat yang kokoh.” Ayat ini mengisyaratkan bahwa seorang Ibu merupakan benteng yang luar biasa, terutama rahimnya. Allah titipkan janin yang dilapisi selaput dan lapisan-lapisan pelindung yang menjaga janin di dalam rahim sang Ibu.

“Kita mendengar bahwa seorang Ibu hamil di Suria mati tertembak, namun bayinya masih bisa diselamatkan, ini adalah bukti bahwa bayi mendapat perlindungan yang berlapis-lapis di dalam rahim sang Ibu,” Ujar dokter lulusan Kedokteran Universitas Airlangga itu.

Beliau juga menjelaskan peran Ibu sebagai benteng ini menunjukkan bahwa setiap wanita wajib untuk memperhatikan kesehatan tubuhnya terutama bagian reproduksi. Karena dari sinilah akan lahir generasi-generasi hebat yang menjadi tabungan bagi setiap orang tua.

“Setiap wanita harus mengenal dan memperlajari bagaimana menjaga kesehatan organ sensitif dalam tubuhnya,” lanjut Dokter Yulia.

Bagaimana cara menjaga kesehatan reproduksi? Dokter Yulia memberikan tiga rutinitas harian untuk menjaga kesehatan reproduksi. Pertama, memberikan nutrisi yang baik bagi tubuh, kurangilah makanan instan yang sekiranya berbahaya bagi tubuh. Kedua, Olahraga teratur. Ini sangat penting bagi kesehatan tubuh. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, minimal dengan berjalan kaki yang dilakukan rutin setiap hari. Ketiga, menjaga kebersihan. Ini juga hal penting yang harus kita perhatikan. Seorang wanita harus sensitif dalam menjaga kebersihan tubuh, pakaian, dan lingkungannya.
 
Setelah menyampaikan materi, sesi tanya jawab berlangsung selama 30 menit mengupas seputar penyakit-penyakit pada sistem reproduksi (Kista, Myom, Pendarahan, dan keguguran pada Ibu hamil ) dan cara pencegahannya. 

oleh : Mila Muflihat

Tidak ada komentar