Header Ads

Dauroh Pekanan Bidang Pembinaan Karakter: Malam hari pun Tetap Semangat



Bidang Pembinaan Karakter Kampus C STID Mohammad Natsir mengadakan dauroh rutin setiap pekan. Kegiatan ini wajib diikuti oleh mahasiswi semester 1 dan mahasiswi pindahan dengan jumlah 47 orang. Dauroh ini telah dua kali dilaksanakan. Pertama, pada tanggal 23 Agustus 2016 dengan tema "Tazkiyatun Nafs" yang disampaikan oleh Ustadzah Asmaa Muzayyin, Lc. Adapun yang kedua yaitu pada tanggal 30 Agustus 2016 dengan tema "Hidup Harus Amal Jama'i"  yang disampaikan oleh ketua STID Mohammad Natsir, Ahmad Misbahul Anam, MA.

          Dalam dauroh pertama, ustadzah Asmaa menjelaskan tentang urgensi tazkiyatun nafs. Dalam surat QS al-Jumu'ah: 2 dan al-Baqarah: 129 menjelaskan bahwa tszkiyatun nafs merupakan salah satu tugas Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam. Selain itu, jiwa atau hati adalah kunci seluruh anggota tubuh. Apabila hati itu bersih maka anggota yang lain pun akan bersih dan sebaliknya seperti yang disebutkan Rasulullah dalam haditsnya.
          Adapun pada materi yang disampaikan oleh Ketua STID, Ustadz Misbahul Anam, MA menjelaskan pentingnya amal jama'i dalam berda'wah. Hal ini merupakan salah satu kesuksesan bagi seorang da'i dan da'iyah. Bukan hanya itu, beliau juga memberikan cara untuk memperkuat amal jama'i, salah satunya adalah memahami hakikat persaudaraan dan perjuangan. Inilah yang mesti dilakukan setiap mahasiswi agar amal jama'i tumbuh dalam jiwa setiap da'iyah.
          Meskipun diselenggarakan setiap malam, tetapi semangat dan keaktifan da'iyah STID Mohammad Natsir ini tetap ada. Hal tersebut terlihat dari keaktifan mereka dalam berlomba-lomba memberikan pertanyaan kepada pemateri di penghujung acara. Pertanyaan yang mereka berikan merupakan pengalaman yang mereka  alami dalam kehidupannya sehari-hari. (Nadia Asmaul Yasin)
         

Tidak ada komentar