Header Ads

Kuliah Umum Semester Ganjil Kampus C STID Mohammad Natsir

Senin pagi, 22 Agustus 2016 seluruh mahasiswi STID Mohammad Natsir berkumpul di Aula Sakinah Muslimat Center Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia. STID mengundang pembicara Muhammad Hafiz, M.Sc dengan mengangkat tema "Kiprah Muslimah Dalam Menjawab Dakwah".
Sambutan dibawakan oleh Rektor STID Mohammad Natsir DR. Ahmad Misbahul Anam, MA. Beliau membuka acara dengan penuh khidmat. Beliau berkata bahwa beliau mendapatkan kabar bahwa qodarullah pembicara pagi ini tidak bisa datang dikarenakan mendadak sakit. Semua sudah ketentuan Allah. Niat dari rumah hanya mampir menyampaikan sambutan dengan pakaian yang biasa dipakai untuk berdesak-desakan dikendaraan. Pada akhirnya kuliah umum ini diisi oleh beliau dengan tema yang sama dan membahas tipe-tipe muslim menurut buku "The Midle Class of Moslem". karya Yusfo Hardi.

Dalam Pembahasaannya beliau memaparkan bahwa Muslim itu ada beberapa tipe:
1. Muslim Apatis, Secara ekonomi, sosial, maupuun pendidikan mempunyai tingkatan yang rendah. Ia tidak peduli kepada keadaan yang menimpa agamanya. Sekalipun ia ibadah hanya untuk menjalankan kewajiban. Muslim apatis mempunyai jargon yang berbunyi, "Emang gue pikirin". Sebagai aktivis dakwah tentunya tak patut kita bersikap sebagai apatis karena sesungguhnya kita itu bertugas mengemban beban umat bukan membebani umat. Oleh sebab itu aktivis dakwah semestinya peduli terhadap umat.

2.Muslim Rasionalis, Muslim yang banyak bertanya tentang dalil-dalil ketika diberitakan sesuatu. Yang ingin mengetahui asal-usul dari ketetapan yang ada.

3. Muslim Konformis, Yaitu kelompok yang mudah diprovokasi. Biasanya tipe orang ini adalah karyawan. Hal ini dikarenakan terkena revolusi industri.


Di akhir acara beliau menuturkan, "Jadi da'i itu harus siap kapanpun dan dimanapun." Hal ini memberikan pelajaran bagi para mahasiswi STID mohammad Natsir.

Oleh: Nuha Bilqisti

Tidak ada komentar