Header Ads

RAHASIA DIBALIK SHALAT SHUBUH


Oleh: Hanna Maryam Nurul Izzah
Editor: Anis Marsella

“Sesungguhnya shalat yang paling berat bagi orang munafik adalah shalat isya’ dan shubuh. Sekiranya mereka mengetahui apa yang terkandung di dalamnya,niscaya mereka akan mendatangi keduanya sekalipun dengan merangkak.”(HR.bukhari,muslim)

Shalat shubuh memang shalat wajib yang paling sedikit jumlah raka’atnya, Namun ia menjadi standar keimanan seseorang dan ujian terhadap kejujuran,karena waktunya sangatlah sempit.
Didalam perkembangan zaman ini, ummat islam sering melalaikan shalat ini karena kesulitan, dengan berbagai macam alasan yang tidak logis menurut pandangan islam. Karena bagaimana pun shalat fardhu adalah wajib dikerjakan.
Karena sesungguhnya pada shalat shubuh terdapat kelebihan khusus yang tidak dimiliki oleh shalat yang lain, diantaranya ;

a)      Pahala Shalat Malam Satu Malam Penuh.
Banyak kalangan ummat Islam yang berlomba-lomba untuk mendapatkan Lailatul Qadar, yang didalam satu tahun hanya satu kali. Namun mereka sering melalaikan shalat wajib dua raka’at karena alasan tertentu. Padahal, tidak kalah penting keutamaannya jika dikerjakan setiap harinya. 
b)      Sumber Cahaya Di Hari Kiamat.
Shalat shubuh merupakan sumber dari segala sumber cahaya dihari kiamat. Dihari itu semua sumber cahaya didunia akan padam. Matahari akan digulung dan bintang-bintang pun berjatuhan. Sebagaimana yang difirmankan Allah dalam surat (at-takwir:1-2) 
c)      Syurga Yang Dijanjikannya.
Barangsiapa yang shalat dua waktu yang dingin maka akan masuk syurga.”(HR.Bukhari)

Dua shalat tersebut adalah shalat shubuh dan ashar.
KEISTIMEWAAN SHALAT SHUBUH
ü  Pahala tanpa batas
ü  Melihat Allah di syurga
ü  Berada dibawahl indungan Allah
ü  Muara ilmu dan iman
ü  Latihan harian bagi ruhani
ü  Penghapus dosa setengah usia

Dan masih banyak lagi keutamaan-keutamaan lainnya yang belum disebutkan. Memang sulit tuk dikerjakan bagi siapa yang memiliki iman yang sangat tipis. Karena sesungguhnya kesulitan itu datang dari hawa nafsunya yang tidak bisa dilawan. Jangan mau terpedaya dengan bujuk rayuan syaithan, karena ia senantiasa tertawa ketika melihat manusia terhasut oleh rayuannya.

Marilah berlomba-lomba dalam kebaikan!!!fastabiqul khairaat….

 syukroooooooooonnnnn.... ..

Tidak ada komentar