Header Ads

Pentingnya Kesadaran Birrul Walidain

Created by : Mila Muflihat


 

 Kita mungkin sudah terlalu sering mendengar kajian atau artikel yang membahas tentang Birrul Walidain atau  berbakti pada kedua orang tua. Namun, pada realitanya, memang hal ini tidak semudah yang kita kira. Meskipun keinginan yang menyadari akan pentingnya berbakti pada kedua orang tua, terkadang lingkungan atau keadaan yang menyebabkan kita lengah dari kewajiban ini. Buktinya, saat ini banyak sekali panti werda yang berisi orang tua yang ditempatkan oleh anak-anaknya karena dianggap tak sanggup lagi mengurus kedua orang tua mereka karena kesibukkan duniawi yang mereka geluti. Padahal, merawat kedua orang tua terutama ketika umur mereka sampai pada usia renta dan mereka berada dalam asuhan kita, itulah salah satu KEWAJIBAN yang diperintahkan oleh Allah dan RasulNya.
Sebagaimana Firman Allah :

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang diantara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan pada keduanya perkataan ‘ah’ dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: ‘Wahai Tuhanku, kasihilah mereka berdua, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil’.”  

Selain ayat ini, masih banyak lagi ayat-ayat dan Hadits yang menyuruh kita untuk berbakti pada orang tua. Dan salah satu penyebab banyaknya orang tua terlantar dan kehilangan hak dari anak-anaknya adalah ketidaktahuan akan ilmu tentang petingnya berbakti kepada orang tua dan bahaya dari menyepelekan atau meninggalkan perintah ini.

Jika kita cermati, bentuk-bentuk perintah Allah kepada umat manusia untuk berbuat baik pada orang tua berada setelah perintah beribadah kepada Allah dan tidak menyekutukannya. seperti ayat yang telah disebutkan diatas :


"Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya."

Begitu pun dengan ayat-ayat lainnya yang menunjukkan perintah berbuat baik terhadap orang tua. hal ini menunjukkan betapa pentingnya berbuat baik terhadap orang tua. 

Diantara keutamaan-keutamaan Birrul Walidain yaitu termasuk amalan yang paling utama, lebih mulia dari pada jihad, salah satu sebab turunnya Ridho Allah, dan salah satu sebab masuknya kita ke dalam surga.

Dan bahaya menyepelekan atau meninggalkan kewajiban birrul Walidain yang paling utama yaitu penyebab datangnya murka Allah SWT.  Bisa kita bayangkan, jika ALlah SWT telah murka kepada kita, maka jaminan selamat dunia akhirat itu akan sangat jauh dari diri kita, Naudzubillah .. 

Untuk itu, Mari kita sama-sama merenungkan kembali kewajiban yang mungkin kita lalai akannya hanya karena urusan duniawi semata.. 
Semoga kita senantiasa diberikan kemudahan untuk melakukan perbuatan baik pada kedua orang tua kita. Aamiin. 

Tidak ada komentar