Header Ads

"Paham" sebagai solusi Lawan HIV dan Kanker Serviks



Lembaga Amil Zakat atau Laznas Dewan Da’wah mengadakan acara seminar edukasi kesehatan bertepatan pada Senin, 19 Februari 2024 pukul 09.00 di Aula Sakinah, Cipayung, Jakarta Timur. Acara ini dihadiri oleh mahasiswi semester VIII, segenap staf Kampus putri dan beberapa tamu undangan.

Pembicara pada seminar ini merupakan seorang Bidan yang berpengalaman menangani kasus-kasus terkait penyakit seks dan kelamin, yaitu Anyta Ekaningsih, M.Km. 

Pada seminar yang bertemakan “Perempuan Sehat, Indonesia Emas: Lawan HIV dan Kanker Serviks" ini bertujuan untuk memberi pemahaman mahasiswi dan seluruh hadirin agar mengenali gejala, penyebab, dan juga solusi dari HIV dan kanker serviks serta berupaya untuk menghindarinya.

Beliau menjelaskan bahwa pada tahun 2023, ibu rumah tangga di Indonesia yang memiliki virus HIV meningkat sekitar 35%. Data ini diambil berdasarkan data Kementrian Kesehatan, di mana kasus HIV dan AIDS yang telah dilaporkan keberadaanya sebanyak 507 dari 514 kabupaten/kota dan 34 provinsi yang ada di Indonesia. Pada bulan Maret 2023, diperkirakan ada 377.650 orang terinfeksi HIV, sedangkan penderita AIDS dilaporkan sebanyak 145.037 orang.

Kemudian beliau melanjutkan pemaparan terkait HIV dan kanker serviks secara lebih rinci, mulai dari pengertian, gejala-gejala yang dialami, penyebab dari dua penyakit tersebut, serta bagaimana penanganan yang seharusnya dilakukan oleh penderita HIV dan kanker serviks. 

Terakhir beliau membuka sesi tanya jawab. Banyak sekali audiens yang bertanya kepada pemateri, hal tersebut menandakan bahwa para peserta tertarik dengan topik yang disajikan.


(Mufidah Zulfa/MARWAH)

Tidak ada komentar