Header Ads

Daurah Seni Menghargai Waktu

 


MARWAH.ID - ID Mahasiswi Semester 2 prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) dan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) mengikuti kegiatan daurah yang diadakan setiap bulannya terkhusus untuk Pesantren Mahasiswi (PesMi), pada sabtu, 17 juli 2023 dengan tema “Seni Menghargai Waktu” bersama Ustadzah Sri Rahayu S.Sos. Sebagai pemateri beliau merupakan alumni STID Mohammad Natsir prodi Pengembangan Masyarakat Islam.

Seminar ini diadakan untuk melatih serta mengasah bagaimana mengatur, mengelola, dan menghargai waktu dengan tepat maupun benar.

Kegiatan ini dilaksanakan secara offline di kelas panggung PMI semester 4, dengan 48 peserta yang terdiri dari 24 prodi KPI dan 24 prodi PMI. Daurah ini, dipanitiai oleh anggota prodi KPI, yang mana terdiri atas sie acara, sie. Perlengkapan, sie. Kebersihan, dan sie. Komsumsi. 

Dalam penyampaiannya, Ustadzah Sri Rahayu S. Sos, mengatakan bahwa waktu itu benar-benar dihargai dalam islam, sebagaimana didalam Surah Al-Ashr ayat pertama yang artinya “Demi Masa”, di mana masa ini adalah waktu. Beliau juga memaparkan teori, filosofi, implementasi, dan juga gambaran-gambaran tentang manajemen waktu.

Lebih lanjutnya, Ustadzah Sri Rahayu S. Sos yang akrab disapa Kak Sri, menjelaskan berbagai macam sifat yang terkandung di dalam waktu, kemudian bagaimana karakteristik manajemen waktu yang sukses, stategi perencanaan mengelola waktu, lalu dampak manajemen waktu yang buruk, dan pastinya manfaat manajemen waktu itu sendiri. 

Di dalam poin karakteristik manajemen waktu yang sukses, Kak Sri memberikan 4M untuk selalu kita ingat dan diamalkan dalam mengevaluasi diri yaitu, Mujahadah (bersungguh-sungguh), Muhasabah (intropeksi diri) , Muroqobah (merasa diawasi Allah) , dan Muaqobah (memberikan hukuman buat diri sendiri). 

Kegiatan daurah ini diikuti secara antusias oleh para peserta, terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan dalam sesi tanya jawab. Kemudian kegiatan ini diakhiri dengan sesi sharing bersama pemateri.

(Mufidah Zulfa/MARWAH)

Tidak ada komentar