Header Ads

Waspada Penyakit Hati!

 






Hati adalah organ terpenting dalam tubuh, dia bagaikan raja dan anggota tubuh yang lainnya adalah tentara, dimana baik buruknya suatu pasukan tergantung bagaimana rajanya.

Namun hati adalah organ yang sensitif sangat mudah terserang berbagai penyakit, tentunya memiliki penyakit hati merupakan hal yang berbahaya. Menurut Al Qur'an surat al-hajj: 52-54 hati terbagi menjadi tiga macam yaitu: hati yang sehat, hati yang sakit, dan hati yang mati.

“Dan Kami tidak mengutus sebelum kamu seorang rasul pun dan tidak (pula) seorang nabi, melainkan apabila ia mempunyai sesuatu keinginan, syaitan pun memasukkan godaan-godaan terhadap keinginan itu, Allah menghilangkan apa yang dimasukkan oleh syaitan itu, dan Allah menguatkan ayat-ayat-Nya. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana, agar Dia menjadikan apa yang dimasukkan oleh syaitan itu, sebagai cobaan bagi orang-orang yang di dalam hatinya ada penyakit (hati yang sakit) dan yang mati hatinya. Dan sesungguhnya orang-orang yang zalim itu, benar-benar dalam permusuhan yang sangat, dan agar orang-orang yang telah diberi ilmu (yang punya hati yang sehat), meyakini bahwasanya Al Quran itulah yang hak dari Rabb-mu lalu mereka beriman dan tunduk hati mereka kepadanya dan sesungguhnya Allah adalah Pemberi Petunjuk bagi orang-orang yang beriman kepada jalan yang lurus.” (QS. Al Hajj: 52-54)

Hati yang sehat adalah hati yang tunduk dan patuh atas perintah Allah menyembah-Nya tanpa menyekutukan Nya dengan sesuatu apapun. Sedangkan hati yang mati Antonim dari hati yang sehat, dimana dia adalah hati yang gelap gulita tanpa cahaya sebab tidak mengenal Rabbnya.



Sedangkan hati yang sakit adalah hati yang di bumbui dengan penyakit" mematikan yang cenderung dapat mematikan hati

Lalu apa saja penyakit hati?

Dua penyakit hati yang sangat berbahaya, yaitu: Kibr (Sombong) yang berasal dari iblis sehingga dia di laknat oleh Allah. Dan Hasad (Dengki) yang berasal dari anak Adam yang membunuh saudaranya karena rasa hasad.

Sifat sombong mengantarkan kekufuran karena menafikan ketundukan kepada Allah. Begitupun  juga sifat hasad yang menimbulkan kekufuran atas nikmat yang Allah berikan.

Maka hindarilah mereka agar kita tidak termasuk orang-orang yang merugi. Mari kita Memohon perlindungan kepada Allah agar di jauhkan dari berbagai penyakit hati.


Nuriah/MARWAH 

Tidak ada komentar