Header Ads

MENTADABBURI AL-QUR’AN DENGAN IMAN


Ayat-ayat dalam Al-Qur’an memang tidak serta merta dapat dipahami begitu saja, adanya Tafsir dan Asbabun Nuzul merupakan sebuah cara agar kita dapat memahami dan memaknai Ayat Allah dengan benar. Sehingga, pesan yang ingin Allah sampaikan akan lebih jelas dengan apa yang Allah maksudkan dalam ayat tersebut. Sebagai seorang muslim yang beriman, tentulah kita perlu memahami setiap ayat yang Allah tulis dalam Al-Qur’an, karena Al-Qur’an merupakan pedoman pertama hidup kita. Salah satu hikmah diturunkannya Al-Qur’an adalah supaya kita mentadabburi ayat-ayatnya. Dalam Qs. Shad : 29 Allah berfirman: 

كِتٰبٌ اَنۡزَلۡنٰهُ اِلَيۡكَ مُبٰرَكٌ لِّيَدَّبَّرُوۡۤا اٰيٰتِهٖ وَلِيَتَذَكَّرَ اُولُوا الۡاَلۡبَابِ

Ini adalah sebuah kitab yang kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka mentadabburi (menghayati) ayat-ayatnya dan agar orang-orang yang berakal sehat mendapat pelajaran

Dalam ayat tersebut diatas Syaikh As-Sa’di rahimahullah mengatakan ini menunjukkan bahwa seukuran fikiran dan akal seseorang, dia tidak akan mendapatkan pelajaran dan manfaat dengan kitab Al-Qur’an ini. Maka dari itu hanya orang yang berakal sehat dan memiliki imanlah yang dapat sanggup mentadabburi ayat-ayat Allah. Dengan tadabbur, maka kita akan merasakan bahwa hikmah diturunkannya Al-Qur’an ini adalah sebagai petunjuk bagi kehidupan kita. Dengan berbagai untaian ayat-ayatnya kita akan menemukan berbagai macam informasi dan petunjuk tentang apaun yang kita butuhkan untuk menjalani kehidupan seorang muslim Qur’ani. 

Tadabbur Al-Qur’an sangat penting dilakukan oleh umat Islam yang beriman agar dapat memahami kekuasaan serta keagungan Allah. Dalam Qs. An-Nisa : 82 Allah kembali Berfirman mengenai Tadabbur yang artinya : “Maka tidakklah mereka menghayati (mendalami) Al-Qur’an? Sekiranya (Al-Qur’an) itu bukan dari Allah, pastilah mereka menemukan banyak hal yang bertentangan didalamnya”. Mentadabburi atau menghayati Al-Qur’an tidak hanya dapat diartikan sebatas pada baris teksnya saja tetapi lebih daripada itu kita dapat menemukan makna dan hikmah yang terkandung didalamnya yang kemudian dapat di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.


Aat Riati/MARWAH

Tidak ada komentar