Header Ads

Leadership Development

 


STID NATSIR.AC.ID- Sabtu, 01 Januari 2022 DEMA STID Mohammad Natsir mengadakan seminar kepemimpinan _Leadership Development In Islamic Da'wah_ dengan Tema  " Afirmasi Hegemoni dan Manajemen Organisasi sebagai Taruna Natsir yang diselenggarakan di Aula Muslimat Center- Cipayung dan media Zoom Meeting. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Anggota Dewan Eksekutif Mahasiswa ( DEMA) baik  ikhwan maupun akhwat. 

Sebelum memulai seminar, diawali sambutan ketua bidang Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Ustadz Musmardi Afit Badliansya, S.Kom.I yang menjelaskan bahwa dengan adanya kegiatan seminar ini bisa menjadikan adanya Dewan Eksekutif Mahasiswa ( DEMA) bisa saling berkolaborasi dalam membuat kegiatan. 

Setelah itu, lanjut kepada kegiatan inti. Yaitu pematerian yang disampaikan oleh pemateri pertama  Dr. Dwi Budiman Assiroji, M.Pd.I dengan judul "Sukses Study, Organisasi, dan Pendidikan"  Beliau mengambil Inspirasi dari surat At-Taubah ayat  144 yang berarti bahwa harus ada sebagian orang yang bertafaqquh fiddin. Kaidah dalam konteks ayat ini bahwa seorang da'i harus belajar terlebih dahulu, harus  memiliki pemahaman agama yang baik dan benar, tidak seperti orang awam biasanya. Dan harus tafaqquh fiddin yang berarti  mempelajari Al-Qur'an,  dan hadits Nabi, dan memahami Ilmu untuk menyampaikan Ilmu dan Da'wah itu. Selanjutnya beliau mengambil Inspirasi Surat Al-Imran ayat 104. Dimana Yang harus menjadi ummat dalam ayat ini adalah sebagian orang yang menyeru da'wah dan dilakukan secara berjama'ah. Yang tujuannya menegakkan Tauhid. Al- Jama'ah pasti ada kepemimpinan. Dan wajib ada.  Begitupun dengan  DEMA, MARWAH, KOMPUS dan lain pun harus ada kepemimpinanya. Menurut beliau, disamping kepemimpinan, kita juga harus mempunyai aturan. Karena indikator teraturnya kebersamaan adalah dengan adanya aturan dan adanya juga manajemen. Jadi, antara Da'wah, Organisasi, dan Study adalah 3 hal yang saling berkaitan dan mensinergikan satu sama lainnya. Ada 3 Kunci  untuk mewujudkan ini semua yaitu:  Luruskan dan jaga niat, bersungguh-sungguh, dan manajemen kehidupan. Ucap beliau sebelum mengakhiri sesi pematerian pertama.

Dilanjutkan dengan pemateri kedua, yaitu Bu Mufidah Bawazier, SE., M.M dengan tema "Mengupas tuntas Kepemimpinan". Beliau sebelum menyampaikan pematerian lebih jauh, menjelaskan dulu terkait arti pemimpin dari para ahli, salah satunya menurut Fiedler (1970). Pemimpin adalah seseorang yang berada dalam kelompok, sebagai pemberi tugas atau pengarah dan mengkoordinasikan kegiatan kelompok yang relevan, serta sebagai penanggung jawab utama. Selanjutnya beliau menjelaskan terkait makna organisasi,  fungsi dan sifat kepemimpinan, sifat dan ciri kepemimpinan, gaya kepemimpinan, teori Kepemimpinan, peran pemimpin, bagaimana tips dan cara menjadi pemimpin yang baik dan ideal. Beliau menyampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami audiens. Selain membaca slide demi slide dipower point yang ada, beliau juga menjelaskan tentang pengalamannya dalam berorganisasi dan bergelut dibidang kepemimpinan. Jadi, setiap orang adalah pemimpin. Ucap beliau mengakhiri sesi pematerian yang kedua.

( Nida Taqiyya/ MARWAH)

Tidak ada komentar