Header Ads

Belajar dari Kegagalan dan Keberhasilan

 Belajar dari Kegagalan dan Keberhasilan

Saat gagal, kita jangan menyalahkan diri sendiri dan harus berpikir logis untuk menganalisis penyebabnya. Saat sukses, seraplah energi keberhasilan itu untuk memberi apresiasi kepada diri sendiri bahwa kita memang mampu, kita berdaya, dan kita hebat. Itu salah satu metode dalam kehidupan.

Menjadi orang sukses memang penting, namun menjadi orang yang memiliki prinsip menyikapi keberhasilan dan kegagalan jauh lebih penting. Kegagalan dan kesuksesan ibarat dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan. Keduanya saling berhubungan. Tanpa kegagalan, kesuksesan itu tidak ada artinya. Maka kegagalan bukanlah akhir dari segalanya.

Salah satu metode belajar dalam kehidupan adalah dengan menyikapi secara bijak keberhasilan dan kegagalan yang terjadi. Sebab pada dasarnya, seseorang berhasil bukan karena pencapaian yang diperolehnya tapi lebih karena sikapnya terhadap setiap pencapaian yang diperoleh. Begitupun sebaliknya.

(Hilma/Marwah)

1 komentar:

  1. Belajar dari kegagalan untuk dijadikan pengalaman kedepannya dan belajar dari keberhasilan agar bisa berhasil di moment-moment berikutnya.

    By Imah Embe

    BalasHapus