Header Ads

Kunci Rezeki yang Halal

 Kunci Rezeki yang Halal


Apa sebabnya kita, khususnya kaum pria dan setiap kepala keluarga berusaha siang dan malam bekerja keras untuk mencari rizki yang halal dan menjauhi rizki yang haram?

Maka jawaban dari pertanyaan ini di antaranya karena Allah yang memerintahkan. Allah berfirman di dalam banyak ayat salah satunya dalam surat al maidah ayat 88:

وَكُلُوۡا مِمَّا رَزَقَكُمُ اللّٰهُ حَلٰلًا طَيِّبًا‌ ۖ وَّ اتَّقُوا اللّٰهَ الَّذِىۡۤ اَنۡـتُمۡ بِهٖ مُؤۡمِنُوۡنَ

"Dan makanlah dari apa yang telah diberikan Allah kepadamu sebagai rezeki yang halal dan baik, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya."

Di dalam ayat yang agung ini Allah memerintahkan kepada kita semua untuk mencari rizki yang halal baik itu secara zatnya maupun cara untuk mendapatkannya. Allah memerintahkan dan Allah memperingatkan kita yang mengaku beriman kepada-Nya, seandainya kita mengakui bertaqwa kepada Allah maka salah satu kriteria yang harus kita penuhi adalah mencari rizki yang halal.

Kemudian, sebab lainnya mengapa kita harus mencari rizki yang halal adalah, agar semua jerih payah dan usaha yang kita lakukan dalam mencari rezeki ataupun dalam menginfakannya dapat bernilai pahala di sisi Allah. Nabi Muhammad salallahu 'alaihi wa sallam bersabda. “Barang siapa yang bersedekah walaupun itu hanya sebesar biji kurma dengan syarat dari penghasilan yang halal dan Allah tidak menerima kecuali yang baik dan halal, dan apa yang terjadi? Allah akan menerima sedekah itu dengan tangan kanan-Nya, kemudian Allah akan memelihara sedekah itu seperti kalian memelihara anak kuda sampai pahala sedekah itu mencapai sebesar gunung besarnya.” (HR Bukhari).

Dan hal lain mengapa kita harus mencari rezeki yang halal dan ini tak kalah pentingnya yaitu kita dapat masuk kedalam syurga Allah dan jauh dari neraka. Nabi salallahu 'alaihi wa sallam pernah bersabda, “Tidak akan masuk surga jasad tubuh yang tumbuh dari harta yang haram.” 

Karena yang halal menyegarkan dan memurnikan jiwa dan hati seseorang. Wallahu 'alam. (Nuriah/Marwah)

Tidak ada komentar