Header Ads

Karena Allah Maha Baik

 Karna Allah Maha Baik


Segala sesuatu yang menimpa kita, baik itu berupa ujian atau nikmat telah Allah porsikan sesuai kemampuan masing-masing. Jadi, jangan merasa bahwa masalah kita adalah masalah yang paling berat dari orang lain. Ingat kata Allah dalam Qs. Al-Baqarah ayat 286:

لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا وُسْعَهَا ۗ

 Artinya :“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.”

Jadi jelaslah kata Allah dalam ayat diatas, semua makhluk dibumi ini memiliki beban dan tanggungan masing masing yang kita tidak bisa ukur seberapa beratnya tanggungan tersebut, kecuali kita merasakan hal yang sama. Terkadang, manusia sering tidak memperhatikan hal ini, pasalnya mereka mengira beban yang ditimpahkan kepadanya sangatlah berat. Tak ayal banyak dari manusia tersebut mengakhiri hidupnya dengan disengaja, atau melakukan hal gila lainnya. 

Kita sebagai muslim yang beriman, tidak sepantasnya mengeluhkan beban yang kita tanggung. Meskipun memang benar bahwa manusia itu makhluk yang sering mengeluh, cukuplah kita bertawakkal kepada Allah, merendahkan diri kita dihadapan Allah, mengeluh secukupnya, bersedih sewajarnya dan beribadah sebaik baiknya. Itulah muslim yang benar, yang tau akan situasi dan kondisi. Jangan pernah merasa kita paling susah, paling miskin, paling menderita, paling sedih cukuplah Allah sebagai saksi atas apa yang kita rasakan. Toh, kita tidak bisa merasakan perasaan orang lain saat mereka terpuruk kan? Jadi jangan merasa diri kita paling lemah. Kuatkan Iman kita, pertebal ilmu dan jangan pernah putus asa.

Setiap penyakit ada obatnya, juga setiap masalah pasti ada solusinya. Tugas kita hanya berdo’a dan berusaha semampu yang kita bisa, selanjutnya serahkan kepada Allah. Berdo’a terus menerus tidak akan membuatmu rendah, berdo’a setiap hari tidak akan membuatmu lelah, terus langitkan do’a do’a kita. Karena Allah pasti akan mengabulkannya, entah itu diwaktu sekarang atau nanti saat kita butuhkan. Allah tahu kapasitas hati dan perasaan kita.

Percayalah, Allah itu maha baik. Ujian dan musibah tanda cinta Allah. Hal yang patut dipahami setiap manusia beriman, bahwa cobaan yang datang kepada kita kadang merupakan cara Allah untuk meninggikan derajat seorang muslim disisi-Nya dan tanda bahwa Allah semakin menyayanginya dan peduli kepadanya. Semakin tinggi kualitas imannya, semakin berat pula ujiannya. 

Namun, ujian terberat ini akan dibalas dengan pahala yang besar pula. Sehingga kewajiban kita adalah bersabar dan berusaha dalam menghadapi setiap ujian yang Allah berikan. Sabar merupakan tanda keimanan dan kesempurnaan akhlak. Ingat! Setiap kesuitan pasti ada kemudahan, kata Allah dalam Qs. As-Syarh : 5. Allah itu maha baik dan hanya Allah yang tahu mana yang terbaik untuk hamba-hambaNya. (Aat/Marwah)

Tidak ada komentar