Header Ads

Bahaya Ujub

 BAHAYA UJUB 



Dalam kehidupan manusia pasti terdapat kelebihan dan kekurangan masing-masing, Allah memberikan hal itu agar manusia dapat saling melengkapi satu sama lain. Tidak ada yang perlu dibanggakan secara berlebihan dalam kehidupan kita, karena itu hanyalah titipan Allah. Jikalau ada kelebihan yang dimiliki, maka ketawadhu'an dan kontribusi untuk umat yang harus diutamakan.

Dalam kehidupan kita, mungkin sudah tidak asing lagi mengenai perkara ujub (membanggakan diri). Fenomena ujub ini kerap terjadi diseluruh kalangan manusia, terkhusus yang memiliki kelebihan dan dijadikan sosok yang superior dari yang lain.

Adapun faktor seseorang melakukan perbuatan ujub adalah : 

1. Menganggap dirinya suci 

2. Sulit menerima Nasihat 

3. Senang mendengarkan cacat-cacat dan aib orang lain, terutama rekannya sendiri . 

Nah, adapun bahaya ketika kita melakukan ujub adalah sebagai berikut : 

A.Terjerat dalam Perangkap Sikap Angkuh bahkan Sombong.

Kerap kali seseorang yang membanggakan dirinya akan terjerumus kepada sikap peremehan akan jiwanya, yakni menghilangkan porsi jiwa untuk intropeksi atau bermuhasabah. Keadaan seperti itu semakin lama akan semakin menambah akutnya penyakit, sampai merembet kepada sikap mencela dan mengecilkan perbuatan orang lain . 

B.Terhalang dari Ridha dan Pertolongan Allah.

Orang yang membanggakan diri umumnya akan selalu mengandalkan dan bertumpu pada pribadinya dalam setiap masalah. Ia lupa atau melupakan Pencipta-Nya, Yang mengatur semua urusannya, dan yang menganugerahkan semua nikmat kepadanya lahir dan bathin. Keadaan semacam itu akan menjadikan dirinya tidak dihiraukan dan tidak ditolong Allah dalam sepak terjangnya. 

C. Gugur saat Menghadapi Ujian atau Kesulitan 

Orang yang pongah biasanya tidak menaruh perhatian terhadap masalah tazkiyah (penyucian jiwa) dan masalah perbekalan yang harus dipersiapkan dalam menempuh sesuatu perjuangan. Manusia seperti itu akan mudah gugur dan menjadi lemah ketika menghadapi ujian atau kesulitan . 

D. Dijauhi dan Dibenci Manusia

Orang yang berperilaku ujub pada hakikatnya mengundang kemurkaan Allah. Maka barangsiapa yang dimurkai Allah niscaya akan dimurkai pula oleh penghuni langit, yang selanjutnya akan merembet kepada kemurkaan penduduk bumi. Kita akan menyaksikan orang yang ujub itu akan ditinggalkan dan dibenci manusia. Mereka tidak mau melihat ataupun mendengarkan perkataaanya . 

Oleh karena itu, jika  kita sudah mengetahui bahaya ujub itu sendiri, maka sebisa mungkin kita harus meninggalkannya . 

Semogaa Allah mudahkan kita untuk menjauhi dari perbuatan Ujub tersebut, Aamiin. (Nida Taqiyya/Marwah)



Sumber : Buku penyebab Gagalnya Dakwah , Karya: DR.SAYYID.M.NUH

Tidak ada komentar