Header Ads

Silaturrahim di Tengah Pandemi Corona

Silaturrahim di Tengah Pandemi Corona


Hai sobat..
Ramadhan sebentar lagi akan berlalu dan berganti dengan hari kemenangan..

Nah.. 
Bagaimana dengan kualitas ibadah di bulan Ramadhan kali ini? Semoga semakin meningkat ya sobat.. 

Kali ini kita akan membahas tentang silaturrahim di tengah pandemi corona..

Nah..
Bagaimana caranya? Yuk kita telusuri artikel yang satu ini!
______________
Sobat, Hari Raya Idul Fitri atau yang sering kita kenal dengan sebutan Lebaran adalah waktu dimana keluarga berkumpul bersama, saling bersilaturrahim dan bermaaf-maafan. Namun, sangat berbeda dengan lebaran tahun ini.

Ya.. lebaran tahun ini sangat spesial. Dunia sedang dilanda wabah bernama Covid-19. Sehingga menyebabkan kita semua tidak bisa bepergian jauh.

Moment mudik memang suatu hal yang sangat di tunggu-tunggu, terutama oleh para parantau yang bekerja di kota. 

Mudik merupakan salah satu tradisi yang biasa di lakukan oleh umat Islam menjelang hari Raya idul Fitri. Namun, saat ini apabila memaksakan diri untuk mudik sangat di khawatirkan akan membawa virus covid-19 ke kampung halaman. 

Namun, jangan khawatir ya sobat, silarurrahim akan tetap tersambung meski kita sedang menjalani PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

Di era globalisasi ini kita sudah masuk ke zaman digital, dimana kita dapat memanfaatkan media sosial untuk terus bersilaturrahim bersama keluarga, kerabat, maupun teman. Seperti melalui video call, chat, atau pun panggilan suara. Walaupun tidak begitu afdhal, Insya Allah tidak akan mengurangi kualitas silaturrahim Kita di hari yang Fitri ini ya sobat.. 

Oh ya sobat..
Sebenarnya, bermaaf-maafan bukan hanya di lakukan pada saat hari lebaran saja, namun harus di lakukan setiap saat. Sebagaimana Firman Allah dalam QS. Al-A'raf : 199

خُذِ الْعَفْوَ وَأْمُرْ بِالْعُرْفِ وَأَعْرِضْ عَنِ الْجَاهِلِينَ

"Jadilah kalian pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang ma'ruf, serta berpalinglah dari orang-orang yang bodoh."

Nah, itulah sedikit tips menyambung silarurrahim di tengah Pandemi. Semoga setelah Ramadhan ini kita bisa menjadi diri yang lebih baik, kualitas ibadahsemakin meningkat, dan terutama semoga pandemi virus covid-19 cepat berlalu sehingga kita semua dapat berkumpul bersama keluarga dan dapat beraktivitas kembali seperti biasanya. Aamiin..

"Taqabbalallahu minna wa minkum."

(Fira/MARWAH) 

Tidak ada komentar