Header Ads

Hati-hati dengan gelombang Korean Wave!


Bagi para pecinta apapun yang berhubungan dengan Korea, pasti akan akrab dengan istilah Hallyu atau dalam bahasa Inggris disebut Korean Wave.

Korean Wave adalah sebuah istilah kebudayaan atau pop culture yang berasal dari Republik Korea Selatan. Dalam Korean Wave ini orang-orang diperkenalkan tentang kebududayaan Korea Selatan, dimulai dari musik atau bisa disebut KPop, film atau K-drama, fashion, Korean food dan masih banyak lagi.

Dari semua itu yang paling dikenal adalah KPop atau Korean pop. KPop bisa dibilang telah menguasai pasar industri hiburan di Asia, sehingga hampir semua orang di seluruh dunia ini mengetahuinya.

Seperti halnya di Indonesia ini, banyak sekali remaja-remaja Indonesia yang menggemari KPop bahkan dapat kita lihat sendiri remaja Indonesia cenderung lebih menyukai musik KPop dari pada musik lokal yang berasal dari Indonesia.

Karena masuknya budaya Korea Selatan ke Indonesia ini membuat remaja menjadi tergila-gila dan fanatik. Hal ini merupakan dampak negatif dari Korean wave.

Dampak negatif yang tampak dari masuknya Korean wave ialah berkurangnya minat para remaja terhadap budaya lokal yang ada di Indonesia. Pengaruh kebudayaan KPop juga dapat membuat tercampurnya kebudayaan dalam negri dan budaya lokal perlahan-lahan diacuhkan.

Nah, bagi kita yang sudah mengetahui dampak negatif dari Korean wave, mari berinovasi serta menjaga kebudayaan lokal Indonesia. 

Tidak ada komentar