Header Ads

Pembekalan Kafilah Dakwah Akhwat2019




Kampus Putri STID Mohammad Natsir kembali mengadakan Pembekalan Kafilah Dakwah (KAFDA) Akhwat 2019. Jum'at (26/04/2019) di laksanakan di lantai 3 Masjid Nourah Abdurrahman. Program Kafilah Da'wah ini adalah program rutin tahunan kampus STID Mohammad Natsir yang ditugaskan kepada mahasiswa/i semester VI.


Ustadz Dr. Imam Zamroji, sebagai pemateri, beliau membuka dengan membahas surat Fushshilat ayat 30

إِنَّ الَّذِينَ قَالُوا رَبُّنَا اللَّهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوا ....


"Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan, "Tuhan kami ialah Allah, " kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka,..."

Yakni mereka ikhlas dalam beramal hanya karena Allah Swt., yaitu dengan menaati apa yang telah diperintahkan oleh Allah Swt.

"Saya ulang-ulang ini karena itu dahsyat sebenarnya" ujar Ustadz, dengan terus mengulang ayat tersebut. Apabila kita renungkan ayat ini pada surat Fushshilat ayat 30-32 maka tidak ada rasa takut dan gentar pada diri dalam menyampaikan dakwah.



Ustadz Imam menjelaskan tiga pesan Bapak Mohammad Natsir tatkala melepas para Da'i :

1. Jaga nawaitu (niat)

Niat ini adalah bagian dari pangkal suatu perbuatan, menuju surga Allah atau sebaliknya.

2. Pukul berapa sekarang?

Pukul berapa sekarang berarti kita harus mengetahui setiap keadaan, kemana arah angin sedang melaju, dan sedang seperti apa suasana di kondisi lapangan.


" Kita harus paham tentang keadaan" ujar  Ustadz Imam

3. Berbenteng di hati umat

Bagaimana kita menyapa hangat masyarakat, sabar mendengarkan curahan hati umat, mendengarkan dengan baik. Dan kita harus lihat, mungkin diantara umat ada yang dapat di kader untuk masa yang akan datang.



Demikian nasihat yang diberikan oleh Ustadz Imam Zamroji, sebagai nasihat bagi para da'iyah yang akan diterjunkan ke pelosok Nusantara.


Oleh: Suhaila Mashuro

Tidak ada komentar