Header Ads

Mahasiswi STID belajar Jurnalistik dan Medium Da'wah





Ahad, 21 April 2019 BEM Akhwat STID Mohammad Natsir Divisi Media dan Informasi mengadakan seminar Jurnalistik dasar dengan mengangkat Tema "Teknik pembuatan dan pembingkaian berita yang terkait dengan isu umat dan da'wah" yang materinya dibawakan oleh Surya Fachrizal seorang produser kantor berita Anadolu Agency sekaligus mantan wartawan Hidayatullah.



Acara ini diadakan bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswi STID Mohammad Natsir seputar ilmu jurnalistik dasar. Seperti yang diutarakan oleh ketua panitia acara. "Agar mahasiswi dapat memahami dan memilah isu keumatan yang terjadi pada era perang opini saat ini," Ucap Afiatin Nufus pasa sambutannya.



Dalam pemaparannya, pemateri yang akrab dipanggil 'Mas Surya' tersebut menjelaskan secara garis besar tentang bagian dari agen pesan -orang yang memantau arus informasi dalam sebuah saluran komunikasi (massa) yang dalam kesempatan ini disebut dengan 'Goal Keeping'.



"Goal Keeping bertujuan untuk menghasilkan informasi yang berkualitas tanpa menimbulkan permasalahan yang berhubungan dengan kehidupan sosial di masyarakat. Juga mencegah terjadinya kesalahan-kesalahan dalam penayangan informasi dalam suatu media massa," papar wartawan yang pernah tertembak di Kapal Mavi Marmara saat bertugas meliput berita Palestina tersebut.



Selain menjelaskan mengenai 'Goal Keeping' Surya juga menekankan mengenai konsekuensi sebagai seorang jurnalis muslim. Bahwa harus mempertanggung jawabkan apa yang telah disampaikan kepada publik.



Di akhir acara yang dilaksanakan di Auditorium Sakinah ini, diisi dengan sesi tanya jawab. Acara ini mendapatkan antusias luar biasa dari peserta yang ditandai dengan banjirnya pertanyaan seputar jurnalistik da'wah. Sesi tanya jawab diakhiri dengan cerita pengalaman Mas Surya yang pernah bertugas di Palestina.


(Nuha B)

Tidak ada komentar