Header Ads

Bahasa Arab atau Bahasa Inggris?



BAHASA ARAB ATAU INGGRIS?
Tentu  kebanyakan orang memilih bahasa inggris dibanding bahasa arab, karena menurut mereka bahasa inggris lebih mudah dipelajari, dan kebanyakan dari trendi atau model zaman sekarang banyak menganut budaya dari barat. So, gak heran lagi deh kalo kebanyakan dari remaja sekarang lebih menyukai style, lagu dan gaya dari dunia barat dan mereka berfikir bahasa inggris merupakan bahasa internasional .
Tapi tahukah kamu? Bahasa Arab merupakan bahasa yang sangat mudah difahami. Mengapa demikian? Karena hal ini sudah di jelaskan oleh Allah dalam firman-Nya Qs. Yusuf: 2 yang berbunyi:
 إِنَّآ أَنزَلۡنَٰهُ قُرۡءَٰنًا عَرَبِيّٗا لَّعَلَّكُمۡ تَعۡقِلُونَ ٢
Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya,”.
 Dalam Shahih Tafsir Ibnu Katsir hal.598  menjelaskan bahwa bahasa Arab merupakan bahasa yang paling fasih, paling jelas, paling luas, dan paling banyak mengungkap makna-makna yang terdapat dalam jiwa. Oleh karena itu diturunkanlah Kitab yang paling mulia ini melalui bahasa yang paling mulia, kepada Rasul paling mulia, dengan perantara malaikat yang mulia. Yang demikian itu terjadi di bagian bumi yang paling mulia. Dan mulai turun di bulan yang paling mulia juga: bulan Ramadhan. Maka sempurnalah ia dari sgala segi.
Selain itu bahasa arab juga sudah mulai banyak di pelajari oleh berbagai negara. Salah satu nya adalah Indonesia, bahkan di Indonesia saja kebanyakan dari sekolah menjadikan bahasa arab sebagai bahasa wajib yang mereka ucapkan setelah bahasa Indonesia. Dan tentunya kita sebagai umat muslim seharusnya merasa bangga dengan bahasa arab. Kalian pernah dengar gak pernyataan dari seorang anak asal China yang sedang mengikuti salah satu ajang pencarian bakat di negara yang menggunakan Timur Tengah? Ketika si anak tersebut di tanya oleh salah satu juri, alasan kenapa dia mempelajari bahasa Arab, spontan ia menjawab karena “saya seorang muslim”. Wahhhhhh dari pernyataan nya saja sudah mencerminkan sekali bahwa ia bangga menjadi seorang muslim. Jadi ayo mulai dari sekarang kita belajar bahasa Arab bersama-sama, gapapa sedikit-sedikit aja. Lama-lama juga bakal menjadi bukit kok.
Sekarag Mimin mau kasih tau nih beberapa manfaat yang dapat kalian rasakan jika kalian mempelajari bahasa arab:
  1. Dapat dengan mudah mengetahui arti dari Al-qur’an , kenapa ? karena Al-Qur’an ditulis dengan bahasa Arab. So, jika kita mempelajari bahasa Arab dengan sangat baik dan sangat mendalam sesuai dengan kaidah arab nya, tentu kita bisa dengan mudah mengetahui arti setiap kata dari bahasa Arab tersebut. Waw amazing!!!
  2. Kamu bisa dengan mudah mencari dasar hukum dan dalil-dalil mengenai fiqih, akidah dan hukum yang lain , karena pada dasarnya semua dalil hukum menggunakan bahasa arab
  3. Bahasa arab dalah bahasa yang paling jujur, kok bisa ? iya dong soalnya setiap kata yang ditulis di bahasa arab, bacanya sama dengan apa yang ditulis, beda dengan bahasa inggris atau bahasa yang lain, antara penulisan dan pelafalan sangatlah berbeda.
  4. Bahasa arab adalah bahasa sastra yang paling tinggi, wahhh keren banget . iya dong gimana gak keren bahasa arab di pake di dalam alquran dan itu adalah bahasa yang paling indah sekali jika kalian membaca terjemahannya dan menghayati maksud dari terjemahan ayatnya.
  5. Bahasa arab adalah bahasa yang akan digunakan ketika di dalam alam kubur , tentu gak mungkin kalo ketika malaikat nanya siapa tuhanmu ?
who is your god? Its impossible,  لا يمكن  pasti bakalan ditanya “man rabbuka?” “man nabiyyuka?”  jadi kita harus mengetahui jawaban dari pertayaan tersebut . Tentu nya dengan amal yang shaleh akan membantu kita dalam menjawab pertanyaan itu. Mungkin bagi banyak orang pertanyaannya sangat lah mudah. Namun, pada kenyataannya pertanyaan itu akan sangatlah sulit bagi orang yang tidak mempunyai keimanan dalam hatinya. Dan tidak meyakini bahwa Allah adalah tuhannya.

  1. Sebagai seorang muslim itu harus bisa dan mempelajari bahasa Arab. Karena nabi Muhammad menyampaikan risalah kepada para ummat nya menggunakan bahasa arab, tentu nya kita sebagai umat muslim patut berbangga karena kita mempunyai bahasa yang khas yaitu bahasa arab. Dan jika kita tidak mengetahui atau tidak mau mempelajari bahasa arab. Nah patut dipertanyakan nih keislaman nya dimana?.
  2. Bahasa arab masuk sebagai kategori bahasa yang pertama kali muncul di muka bumi ini. Wahh Masya Allah makin bangga deh sama bahasa Arab karena bisa masuk ke dalam kategori bahasa pertama yang muncul . jadi makin semangat nih buat belajar bahasa arab.
Sebenernya  masih banyak manfaat dari mempelajari bahasa arab. Tapi mimin Cuma bisa ngasih tau segini ya!!!! Untuk manfaat yang lainnya, kita berjumpa lagi insya Allah.
Dan disini mimin mau kasih kalian tips-tips biar kalian bisa mempelajari dengan mudah
1.     Niatkan semua karena Allah
2.    Dengarkan dengan baik-baik setiap kata atau mufrodat yang diucapkan oleh teman, atau guru kalian.
3.      Catat dengan baik-baik mufrodat yang sekiranya sering kalian gunakan untuk sehari-hari.
4.    Jangan pernah takut atau malu untuk bertanya kepada teman atau guru yang bisa atau   menguasai bahasa arab
5.  Banyak berlatih dengan bahasa Arab, seperti mengerjakan soal bahasa Arab atau mendengarkan percakapan bahasa Arab.
6.     Dan jangan lupa setelah itu praktekan kepada kalian mufrodat atau kata-kata yang kalian usdah hafal dan sudah kalian ketahui.

(Aisyah/Marwah)

Tidak ada komentar