Header Ads

Agar Sholatmu Khusyuk

*Agar Sholatmu Khusyuk*
Khusyuk secara bahasa berarti (سكن) diam-tenang. Sedangkan menurut Imam Ibnul Qayyim Rahimahullah, khusyuk adalah menghadirkan hati. Sholat tanpa khusyuk bagaikan jasad tak bernyawa. 5 kali sholat ykhusyuk dalam sehari bagaikan mandi 5 kali dalam sehari, Allah membersihkan hambaNya.


Khusyuk juga merupakan sifat para nabi dan Rasul. Allah Subhanahu wata'ala berfirman:

فَٱسْتَجَبْنَا لَهُۥ وَوَهَبْنَا لَهُۥ يَحْيَىٰ وَأَصْلَحْنَا لَهُۥ زَوْجَهُۥٓ ۚ إِنَّهُمْ كَانُوا۟ يُسَٰرِعُونَ فِى ٱلْخَيْرَٰتِ وَيَدْعُونَنَا رَغَبًا وَرَهَبًا ۖ وَكَانُوا۟ لَنَا خَٰشِعِينَ


"Maka Kami memperkenankan doanya, dan Kami anugerahkan kepada nya Yahya dan Kami jadikan isterinya dapat mengandung. Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) perbuatan-perbuatan yang baik dan mereka berdoa kepada Kami dengan harap dan cemas. Dan mereka adalah orang-orang yang khusyu' kepada Kami"


Cara agar sholat dapat khusyuk yaitu: pertama, merenungi bacaan dengan merenungi dan memahami apa yang dibaca, niscaya hati juga ikut menikmati ayat demi ayat yang dilantunkan bibir kita.


Kedua, membatasi pandangan ke tempat sujud. Tidak menolehkan pandangan baik ke atas, kedepan maupun kesamping. Karena jika melihat ke lain tempat selain satu titik tempat sujud, maka akan sulit menghadirkan kefokusan pikiran.



Ketiga, mempelajar ma'rifatullah. Dengan mengenal Allah, maka rasa takut, cinta dan penuh harap akan tumbuh dalam diri dan mengajak kepada kekhusyukan.


Dan yang keempat, berdo'a kepada Allah meminta agar diberikan kekhusyukan dalam sholat. Karena sebaik-baik usaha adalah yang bertawakkal kepada Allah.

-Nuha-

Tidak ada komentar